-->
    |

DPPESDM Kalbar Gelar Pasar Murah Di Sekadau

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumberdaya Mineral (DPPESDM) mengelar pasar murah di Pasar Rakyat Lawang Kuari Sekadau pada Kamis (30/11) 2023.

Operasi pasar murah dilaksanakan dalam rangka pengendalian Inflasi Daerah di Provinsi Kalimantan Barat. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (PPESDM) provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan kabupaten Sekadau, dan Bulog Sanggau sebagai penyedia komoditas seperti beras, gula dan minyak goreng.

Kegiatan serupa sebelumnya juga telah dilaksanakan di kecamatan Belitang Hilir.

Adapun isi atu (1) paket terdirk darj 1 karung beras merk Beras Kita kemasan 5 kg, 1 kg gula merk Rose Brand, 1 liter minyak goreng merk Rose Brand dijual dengan harga Rp.89.000.(Delapan puluh sembilan ribu rupiah).

Agus Satrio Laksono selaku kepala bidang perdagangan di negeri provinsi Kalimantan Barat mengatakan, termasuk mengadakan operasi di pasar rakyat lawang kuari, kami menyiapkan beras 8 ton, gula putih 1,5 Ton dan Minyak Goreng kemasan 1,5 Ton.Beras

(1 karung 5 kg dijual Rp 60.000), Gula pasir (1 kg dijual Rp 14.000) dan Minyak Goreng (1 liter dijual Rp 15.000).

“Ini kita diperkirakan masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya dengan harga yang terjangkau dari pada harga pasar yang saat ini dirasakan sedang naik” kata Agus Satrio.

Nanti pada tanggal 13 Desember akan diadakan di kecamatan Nanga Taman dan tanggal 14 diadakan kembali di pasar Rakyat Lawangkuari Sekadau terang Agus Satrio. Harapannya masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sesuai kemampuan dan kebutuhannya. 

Masyarakat tidak membeli secara berlebihan, dan juga kondisi perekonomian saat ini juga tidak menuntu sehingga membeli sesuai kebutuhan saja sarannya.

Operasi Pasar ini dilakukan dalam menangani inflasi, tidak hanya di Indonesia namun di dunia juga rata-rata mengalami inflasi. 

Namun kita masih bersyukur di provinsi Kalbar sejak bulan Agustus hingga Oktober tahun ini, inflasi kita cenderung menurun. Di bulan Juli kita masuk di 10 besar inflasi tertinggi se-Indonesia, tetapi di bulan Oktober kita mendapat peringkat ke 8 terendah dengan angka 2,31persen. Target kita pada akhir tahun bisa mencapai angka dibawah angka 2 persen. Nahkan kalau bisa mencapai angka 1 persen.

Masyarakat di imbau membeli sesuai dengan kebutuhan saja ujar Agus Satrio.

Kepala bidang perdagangan kabupaten Sekadau, Y. Sudarsono mengucapkan terima kasih kepada Disperindag ESDM provinsi Kalbar yanv telah membantu dengan Bulog Sanggau untuk melakukan operasi pasar di kabupaten Sekadau.

Adapun kegiatan ini dalam rangka penanganan inflasi sehingga daya beli masyarakat meningkat, terjangkau dan mampu memenuhi kebutuhannya, ungkap Sudarsono 

Dia berharap kegiatan serupa bisa diadakan kembali.di kabupaten Sekadau.berdasarkan impormasi yang ddisampaikan perum Bulog Sanggau, Hendra Dionisius, akan dilaksanakan kembali pada tanggal 7 Desember di Pasar Baru, tanggal 13 Desember di kecamatan Nanga Taman dan 14 di Sekadau Hilir terangnya.

"Pada tanggal 7 Desember mendatang, Pemkab Sekadau bekerja sama dengan Perum Bulog Sanggau akan menyediakan 1500 paket, namun bisa diupayakan lebih karena antisipasi masyarakat banyak yang datang." pungkas Sudarsono. (Tim/darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini