|



Hadiri ODF Desa Tamang, Ini Pesan Aron

 

Foto : dok prokopim setda Sekadau

Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH menghadiri dan membuka kegiatan Open Defecation Free (ODF) di desa Tamang kecamatan Nanga Mahap Senin (13/11) 2023.

Dalam sambutannya Aron menyampaikan, sesuai amanat undang -undang nomor 09 tahun 2009 tentang kesehatan, setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang sehat.

Untuk mewujudkan kehidupan yang sehat, harus didukung oleh lingkungan yang sehat menjadi tanggung jawab kita semua kata Aron.

Aron juga berharap penyelengaraan pmbangunan desa dapat berwawasan kesehatan lingkungan sanitasi total berbasis masyarakat (STDM) yaitu desa yang masyarakatnya melaksanakan lima pilar STDM yaitu ;

1. Stop buang air besar sembarangan.

2. Mencuci tangan oakai sabun di air mengalir.

3. Mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman.

4. Mengelola sampah rumah tangga dengan aman dan,

5. Mengelola limnah cair rumah tangga.

Umtuk mewujudkan desa STDM salah satunya adalah dengan ODF kata Aron.

STDM yang dicanangkan sejak tahun 2008 merupakan kebijakan strategis nasional dan kebijakan tersebut juga menjadi prioritas pembangunan pemkab Sekadau seperti tertuang dalan perda nomor 51 tahun 2017 tentang STDM.

Tujuan yang ingi di capai dari program STDM adalah terwujudnya kondisi sanitasi total melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu.desa yang telah mewujudkan STDM di kabupate. sekadau adalah desa Tamang yang telah mendeklarasikan diri sebagai desa ODF.

Atas teewujudnya STDM di desa Tamang, Aron mengucapkan selamat dan sukses kepada semua elemen masyarakat desa Tamang yang telah mendeklarasikan diri untuk stop buang air besar sembarangan (BABS) pungkas Aron.(Prokopim/Endang/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini