-->
    |

Henry Lapius : Tinggal 11 Persen Masyarakat Sekadau Yang Belum STDM

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Kepala Dinas Kesehatan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (Kadinkes PP dan KB) kabupaten Sekadau Henry Alpius menyampaikan bahwa sampai dengan Saat ini, masyarakat kabupaten Sekadau yang sudah dinyatakan STDM mencapai 89 persen kata Henry Alpius saat deklarasi Open Defecation Free (ODF) di desa Gonis Tekam kecamatan Sekadau Hilir Rabu (29/11) 2023.

Henry menyebutkan satu diantara kecamatan di kabupaten Sekadau sudah mendeklarasikan diri sebagai kecamatan ODF yaitu kecamatan Nanga Taman. Sedangkan 6 kecamatan lainnya berkisar pada angka 76 - 85 persen ODF terang Henry.

Henry menambahkan, saat ini telah terjadi oergeseran penyakit menular. Yang dulunya kita berjibaku dengan penyakit Muntaber dan Diare, kini sudah bergeser pada Demam Berdarah Denque (DBD) kata henry. H tersebut menunjukan bahwa sani tasi.dilingkungan masyarakat kita sudah mulai membaik. Tiga faktot yang menjadi target STDM kita adalah 1. Stop buang air besar sembarangan (ODF), 2.Cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, dan 3. Pengelolaan air minum dan makanan di rumah.

Henry menambahkan tersisa 11 persen masyarakat Sekadau yang belum STDM  merupakan tanggung jawab kita bersama, 

Henry juga mengucapkan terimakasih kepada non govermental organization (NGO) dan mitra strategis dinas Kesehatan kabupaten Sekadau yang telah banyak membantu pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan terhadap masyarakat kabupaten Sekadau sehingga pada hari ini kita bisa melaksanakan ODF di desa Gonis Tekam pungkas Henry. (darno)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini