-->
    |

Kalapas Narkotika Karang Intan Hadiri Upacara Hari Pahlawan 2023 Bersama Pemkab Banjar

 


Martapura,Kapuasrayatoday.com  - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Wahyu Susetyo, hadiri upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2023 'Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan' bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar di Halaman Kantor Bupati Banjar Martapura, Jum'at (10/11/2023).

"Hari pahlawan diperingati untuk menghormati kontribusi besar para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai serta identitas bangsa. Tema yang diangkat yakni mengajak kita semua merenungkan perjuangan para pahlawan agar Indonesia semakin maju serta meraih kemerdekaan, tidak hanya intelektual namun juga dari segi ekonomi," ujar Wahyu, di lokasi kegiatan.

Lebih jauh dirinya menambahkan, tema besar Hari Pahlawan 2023 menjadi renungan bagi jajaran Lapas Narkotika Karang Intan dalam mewujudkan cita-cita kemerdekaan agar terbebas dari kemiskinan dan kebodohan serta tercapainya keadaan yang adil, cerdas dan makmur dalam berkehidupan.

"Peringatan ini juga dalam rangka meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan kita semua sebagai bangsa dan Negara Indonesia," tambahnya.

Bertindak selaku pembina upacara, Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, yang dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini.

"Tema yang diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral," kata Saidi.

Saidi menjelaskan semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya diseluruh pelosok negeri.

"Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, mewujudkan masa depan yang lebih baik," jelasnya.

Upacara berlangsung secara tertib dan lancar ini juga dilakukan pembacaan pesan-pesan pahlawan oleh salah seorang Pejuang Veteran, Martono, diantaranya Pesan dari Soekarno, Mohammad Hatta, Jenderal Sudirman dan Ki Hajar Dewantara.(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini