-->
    |

Forum Mahasiswa Sekadau Gelar Seminar Politik Menuju Pemilu yang Demokratis

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH menjadi salah satu narasumber pada seminar politik dengan tema "Menuju Pemilu Yang Demokratis" yang dilaksanakan oleh forum mahasiswa kabupaten Sekadau yang berlangsung di gedung Ketaketik jalan merdeka selatan Rabu (24/1) 2024 siang.

Dalam Berbagai pembukaannya, wakil bupati mengapresiasi kepada teman - teman dari mahasisawa yang telah menghadiri kegiatan seminar Politik ini.

Dalam politik Demokrasi di Indonesia kata wabup, ada bebarapa jenis pemilu. Yaitu Pemilu Presiden, Pemilu anggota DPR RI, Pemilu untuk Anggota DPD.RI Pemilu untuk Angota DPRD Provinsi dan Pemilu untuk Anggota DPRD kabupaten/kota yang dilaksanakan lima tahun sekali.

Selain itu ada lagi jenis pemilu yaitu Pemilihan Gubernur dan wakil gubernur dan pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan wali kota dan wakil.wali kota atau yang biasa disebut Pilkada kata wabup.

Untuk Pilkada, mulai tahun 2024 akan dilakukan secara serentak. Tujuannya adalah untuk menghemat anggaran negara.

Untuk menyelenggarakan pemilu yang jurdil ada tiga unsur yang sangat menentukan yaitu, Penyelengara Pemilu (KPU) Peserta Pemilu (Parpol/Caleg) dan pengawas Pemilu (Bawaslu)

Di tempat yang sama, politikus muda Florenaius Ronny menyampaikan, pendidikan menjadi sangat penting untuk menghadapi bonus demografi Indonesia pada tahun 2045 mendatang. Dimana pada saat itu kita menghadapi tantangan dimana pencari kerja lebih banyak dari kesempatan kerja. Sehingga angka penganguran semakin meningkat kerena usia produktif berada pada angka 69 persen lebih, dan generasi milenial ada pada angka 25 persen dan sisanya meeupakan generasi muda.

Untuk bisa bersaing di era tersebut, selain memiliki pendidikan, kepada generasi Milenial Florensius Rony berpesan, jadilah pribadi yang bertangung jawab, menjaga integritas diri, dan selalu berbuat baik kepada sesama.

Usai menerima kuliah umum dari dua politikus, para peserta yang merupakan para mahasiswa diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang Politik dan Demokrasi.(darno)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini