-->
    |

Musrenbang RKPD, Pemerintahan Butuh Masukan Dan Saran Dari Para Tokoh

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - Pemerintah kecamatan Sekadau hulu mengelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah daerah (RKPD) tahun 2025. Musresbang adalah agenda rutin yang dilaksanakan setiap awal tahun sebagai sarana untuk mendengarkan masukan dan saran para tokoh masyarakat mengenai arah pembangunan tahun berikutnya. Acara tersebut dibuka oleh Asisten II mewakili Bupati Sekadau, Rabu (31/01/2024) di gedung pertemuan umum kecamatan Sekadau hulu.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh asisten II Drs.Sandae, M.si Bupati mengatakan, bahwa dirinya  mengapresiasi kepada seluruh jajaran pemerintah kecamatan Sekadau hulu yang telah melaksanakan agenda tahun ini yakni Musresbang RKPD. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak serta para tokoh masyarakat yang telah meluangkan waktu untuk hadir pada kegiatan Musresbang ini.

"Pemda memerlukan gagasan dan masukan dari masyarakat pada ajang pelaksanaan Musrenbang RKPD ini," katanya.

Semoga kegiatan ini berjalan lancar, sehingga pendapat dan usulan yang yang disampaikan dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah. 

Sementara itu ditempatkan yang sama 

Camat Sekadau hulu Uden,S.sos dalam sambutan mengatakan, Musresbang ini adalah tindaklanjuti dari Musrenbang tingkat dusun, Musrenbang tingkat desa, hasil dari Musrenbang tersebut kemudian di bawa ke tingkat kecamatan. Artinya Musrenbang RKPD ini membahas aspirasinya arus bawah.

"Ada kesimpulan yang di bawa dari aspirasi arus bawah, yang akan di bahas dengan maksud mendapatkan tambahan masukan dari beberapa tokoh tingkat kecamatan," katanya.

Diakui oleh camat mengenai infrastuktur memang menjadi perhatian serius, karena masih banyak infrastruktur yang membutuhkan peningkatan, bahkan ada beberapa jembatan antar desa yang rusak akibat terjangan banjir. Tapi tidak dapat di pungkiri ada juga akses jalan yang sudah sangat baik, baik itu dibangun oleh pemerintah maupun di bantu oleh pihak perusahaan kata Uden.

Dia menbahkan,  untuk bidang Perkebunan dan Pertanian sudah banyak yang berhasil, bahkan beberapa bulan lalu telah dilakukan panen perdana oleh bapak wakil bupati, hal ini menandakan bahwa masyarakat sangat antusias dengan program IP3K, di bidang Perkebunan sudah banyak warga membuka lahan perkebunan secara mandiri, ada juga yang membuka lahan dari bibit bantuan pemerintah. "Bidang perkebunan salah satu bidang yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Camat.

Di bidang Kesehatan kecamatan Sekadau  hulu sudah  berhasil menanggani Stunting dengan cara, pemberian makanan tambahan bagi anak-anak Balita dalam upaya penanganan Stunting. 

Untuk diketahui masih banyak  Puskesdes yang belum memiliki petugas pelayanan kepada masyarakat hal ini harus kita sikapi bersama.

Sementara itu Sekcam Sekadau hulu yang juga panitia Musrenbang Fransisco Uwardianus dalam sambutannya mengatakan, dasar pelaksanaan Musrenbang adakah Perda nomor 19. Salah satu tujuan 

mewujudkan kemajuan kesejahteraan dan martabat kabupaten Sekadau. Sedangkan maksud dan tujuan Musrenbang adalah dalam rangka melakukan evaluasi, terhadap sekala prioritas pembangunan tahun 2025. Sehingga Dipandang perlu adanya keterlibatan unsur-unsur pemerintah dan para tokoh masyarakat untuk memberi masukan dan saran dalam mengusulkan pembangunan tahun 2025.

"Tujuan dari kegiatan Musresbang adalah dalam rangka mendengarkan masukan dan saran dari beberapa unsur yakni kalangan pemerintah desa dan para tokoh masyarakat," katanya.

Hadir pada acara tersebut,. Anggota DPRD Yosef Sumardi, kepala SKPD, Kadis Koperasi UKM Emanuel, Kadis Kominfo Matius Jhon,Kepala BAPPEDA Teresia Lili, para sekretaris, Kabag,kabid Kapolsek Sekadau hulu, Danramil Sekadau hulu, para kepala desa se-kecamatan Sekadau, sekdes, Ketua BPD, tokoh masyarakat serta undangan lainnya (darno/tim)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini