-->
    |

Pj Ketua Dekranasda Harapkan UKM Sumut Harus Lebih Maju

 


MEDAN,Kapuasrayatoday.com - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Utara (Sumut) Dessy Hassanudin menginginkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Provinsi Sumut 'naik kelas'.
Hal ini mengingat banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia, termasuk ke Sumut.

Hal tersebut disampaikan Pj Ketua Dekranasda Sumut saat memimpin Rapat Kerja Dekranasda Sumut Tahun 2024 di Rumah Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (8/1). 

"Banyak masukan yang dapat kita peroleh hari ini. Harus ada perbaikan, bukan hanya dari produksi, tapi juga dari sektor pemasarannya. Kalau saya lihat-lihat, kita gagal dalam pemasaran. Hanya berpatokan di pameran saja. Pameran Sementara hanya sesekali dan hanya membuka pintu untuk perkenalan," kata Dessy Hassanudin.

Untuk itu, lanjutnya, Dekranasda Sumut akan melakukan sejumlah upaya seperti memberikan pelatihan digitalisasi promosi bagi pelaku UKM. Kemudian memastikan kualitas dan kuantitas produk UKM agar dapat bersaing dengan produk impor.

"Jadi yang perlu diperhatikan juga adalah mutunya. Terkadang kemasannya sudah baik, namun kualitasnya kurang diperhatikan. Sehingga itulah yang membuat konsumen enggan berbelanja. Selanjutnya produktivitas harus berkelanjutan. Jangan nanti sudah ada pembelinya, namun produktivitasnya tidak berlanjut," kata Dessy.

Agar UKM Sumut naik kelas, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus menyarankan agar pelatihan yang diberikan kepada pelaku UKM lebih bervariasi dan berkelanjutan. Tidak lagi hanya pelatihan pemula atau monoton dan sama setiap tahun.

“Biarlah pelatihan untuk UKM pemula dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten/Kota. Paling tidak, kami melakukan pelatihan tingkat lanjutan. Pelatihan yang dibutuhkan saat ini, antara lain, bagaimana mengelola media sosial untuk pemasaran, karena sekarang semua berkaitan dengan digital,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Naslindo Sirait menyebutkan, pihaknya berupaya mendorong produk UKM Sumut agar mampu berdaya saing, baik dari sisi harga dan kualitas. Juga memberikan pelatihan manajemen usaha, branding, pemasaran, dan promosi, hingga pendaftaran merek. 

“Tahun 2024, kami berupaya UKM Sumut dalam memasarkan produknya tidak lagi dengan konvensional tapi sudah dengan digital. Kami juga sudah berkoordinasi dengan hotel, sejumlah ritel di Sumut, supaya produk UKM juga bisa dipasarkan di pasar modern,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Dekranasda Sumut Mulyadi Simatupang memaparkan apa saja yang telah dilakukan Dekranasda sepanjang tahun 2023. Salah satunya dengan memberikan pelatihan, mengikuti pameran skala regional, nasional, dan internasional. 

“Untuk tahun 2024 ini diharapkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan lebih banyak dan lebih menarik dengan menampilkan inovasi produk UKM agar lebih berdaya saing,” tutupnya.(Rizky Zulianda/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini