-->
    |

Petugas KPPS & Pengamanan Lapas Narkotika Karang Intan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2024


 Karang Intan, Kapuasrayatoday.com – 35 Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan 10 Petugas Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, ikuti simulasi pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Selasa (30/1).
Kegiatan dilangsungkan di lapangan upacara dalam ini dikomandoi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan.

“Simulasi ini meliputi persiapan para KPPS dan pengamanan mekanisme pemahaman serta alur pemungutan suara, penghitungan suara serta rekapitulasi suara. Kegiatan yang hari ini dilaksanakan, dibuat semirip mungkin dengan pelaksanaan aslinya nanti,” ungkap anggota PPS Desa Sungai Alang, Siti Jubaidah.

Kepala Lapas Narkotika Karang Intan, Wahyu Susetyo, menuturkan pelaksanaan simulasi bagian dari upaya konkret untuk memastikan para petugas KPPS dan pengamanan mendapatkan gambaran yang jelas terhadap tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

“Kita ingin pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 khususnya di Lapas Narkotika Karang Intan berlangsung lancar dan sukses, upaya tersebut diwujudkan dengan simulasi langsungnya. Sehingga, para petugas KPPS dan pengamanan yang ditunjuk, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan yang ada,” ujar Wahyu.

Dirinya menambahkan, simulasi juga dimaksudkan untuk memberikan jaminan terhadap pelaksanaan pemungutan suara nantinya, bebas dari hal-hal yang dapat menghambat kegiatan. Selain itu, menjamin hak warga binaan untuk berpartisipasi pada pesta demokrasi dalam menentukan pemimpin masa depan.

“Simulasi ini juga mengantisipasi berbagai hal yang sekiranya dapat mengganggu kelancaran proses pengumpulan suara dan bagaimana kita mampu mengatasi hal tersebut,” tutupnya.

Kegiatan simulasi diikuti secara antusias oleh seluruh petugas KPPS dan pengamanan Lapas Narkotika Karang Intan.(tim/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini