|

Dinas PMD Sekadau Resmi Tempati Kantor Baru

 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 


Dinas Pemerintahan dan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Sekadau resmi menempatkan kantor baru pada Selasa (21/5) 2024.

Peresmian kantor baru PMD dilakukan oleh bupati Sekadau Aron SH.

Sebelum memasuki halaman kantor PMD, bupati beserta rombongan disambut dan dialirkan dengan tarian adat setempat dari sanggar Pangsuma Empagu untuk menuju haman kantor PMD, dan selanjutnya bupati melakukan pancung buluh muda dan prosesi ijak telur.

Setelahnya bupati didampingi Kapolres Sekadau AKBP I.Nyoman Sudama, Kejari Sekadau, Sekda, kadis PMD, perwakilan Dari Dandim 1204 Sanggau, ketua GOW,ketua Bhayangkari, dan perwakilan dari ketua persik Dandim 1204 Sanggau.



Kadis PMD kabupaten Sekadau Sabas S.IP dalam keterangannya menyampaikan, bahwa pembangunan kantor PMD dimulai pada tahun 2019. Dengan pagundana 1.9 M. namum ditengah perjalannya terjadi pasca merger, sehingga terjadi berkepanjangan. Dan pada tahun 2023 dilakukan pembangunan kembali sehingga menelan dana dengan total biaya 4.4M terang Sabas. 

Perkembangan Desa Mandiri

Pada tahun 2019 di kabupaten Sekadau hanya ada 7 desa mandiri. Namun pada tahun 2023 sudah mencapai 50 desa mandiri. 

Pada tahun 2022 kami juga berhasil menambah jumlah desa dari 87 desa menjadi 94 desa dan pada tahun 2023 Tujuh desa pengembangan juga sudah mendapatkan dana desa kata Sabas.

Sabas juga mengimbau agar para kades yang belum membentuk Bumdes agar segera membangun Bumdes di desa masing - masing sesui dengan kebutuhan desa.

Sabas juga mengimpormasikan bahwa untuk kepala desa yang masa jabatannya akan berakhir pada tahun depan (2025) maka secara otomatis masa jabatannya akan di perpanjang kata Sabas.

Ditempat yang sama bupati Sekadau Aron SH mengucapkan selamat atas diresmikamnya kantor dinas PMD yang baru. Ini merupakan kantor PMD yang sangat representatif kata Aron. Kantor PMD memang harus luas kerena banyak menimbulkan desa, maupun camat. 

Seperti apa yang disampaikan oleh kadis PMD, untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat pada tahun 2023 kita angarkan kembali pembangunan gedung ini, sehingga pada hari ini bisa kita resmikan mengungkapkan Aron.

Aron menambahkan, gedung ini juga sudah di rancang sesuai peruntukannya. 

Kita juga patut bersyukur pembangunan gedung ini bisa tepat waktu. 

Terkait perpanjangan masa jabatan kades dari 6 tahun menjadi 8 tahun Aron mengatakan ada beberapa kades yang masa jabatannya hampir menyamai kepemimpinan Presiden Suharto karena ada beberapa kades yang jadi kades jika diperpanjang ada yang mencapai hamoir 20 tahun jadi.kades kata Aron.

Kita juga bersukur dimana pada tahun 2020 hanya ada 7 desa Mandiri. Pada tahun ini sudah ada 50 desa mandiri. Ini merupakan hasil kerja keras kita semua kata Aron.

Kegiatan tersebut juga di hadiri sejumlah kepalah SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, para Camat, Kades, para ketau BPD dan sejumlah tamu undangan lainnya.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini