|

Subandrio Hadiri Pembukaan Festival Keling Kumang II

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH menghadiri acara pembukaan acara Keling Kumang Festival ke II tahun 2024 yang berlangsung di aula Ladja taman Kelempiau dusun Tapang Sambas desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir Kamis (16/5) 2024. 

Kedatangan wabup Subandrio disambut langsung oleh ketua pengurus gerakan CU KK Dr. Drs.Stepanus Masiun. Untuk menuju tempat kegiatan wabup beserta rombongan disambut dan diaringi dengan tarian adat setempat.

Ketua pengurus gerakan CU KK Dr.Drs Stepanus Masiun dalam Perayaannya menyampaikan, pada kegiatan festival Keling Kumang ke II tahun 2024 mengambil tema "Pelestarikan Budaya Dalam Mensinergikan Gerakan Ekonomi Hijau Berkelanjutan".

Masiun menambahkan, di CU KK, gerakan ekonomi hijau sudah di mulai melalui gerakan CU KK di semua bidang dan kantor cabang.termasuk pada acara festival budaya ini ungkap Masiun. Festival budaya CU KK lanjut Masiun bertujuan untuk menambah gerakan seni budaya dan pelestarian budaya di kabupaten Sekadau.

Kepada pemkab Sekadau, atas nama pengurus gerakan CU KK Masiun mengucapkan terima kasih. Bagi kami dukungan dari pemkab Sekadau sangat penting dan ini merupakan kepuasan bagi kami pungkas Masiun.

Ditempat yang sama, Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH mengapresiassi gerakan CU KK. Pemkab lanjut Subandrio, menjamin bahwa semua investasi di Sekadau berjalan dengan baik, itu semua karena situasi keamanan kita yang kondusif sehingga iklin investasi kita juga kondusip ujar Subandrio. 

Dia berharap festival seperti ini dapat mengangkat seni budaya di kabupaten Sekadau. 

"Kami.juga mengucapkan terima kasih kepada gerakan CU KK karena beberapa pembangunan yang bersifat sentral dibangun di kabupaten Sekadau memalui gerakan CU KK ada di Sekadau. Salah satunya adalah pembangunan ITKK. Tentu ini dapat meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) di Sekadau." adanya ITKK saya yakin IPM kita perlahan akan naik" ucap Subandrio.

Selain itu, dengan meningkatnya Ekonomi maka IPM kita juga akan meningkat. 

Subandrio Menyebutkan di kabupaten Sekadau, sekitat 83 Persen masyarakat kita merupakan petani. Maka pemkab membuat program yang berpihak kepada petani dengan program unggulan IP3K.

Terkait festival kata wabup, pemkab sangat mendukung, karena itu wabup berharap bagaimana caranya kita bisa menjadikan budaya selain untuk pelestarian, juga dapat meningkatkan ekonomi kita melalui budaya kata wabup.  

Misalnya misyalnya di Bali, orang bisa hidup dengan menari di tempat - tempat wisata. itu karena budaya. Jadi jangan justru karena perkembangan jaman budaya kita menjadi hilang kata Subandrio.

Wabup percaya melalui festival KK ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Setelah memberikan sambutannya, wabup Subandrio melakukan pemukulan gong sebanyak 7 kali sebagai tanda dibukanya Keling Kumang festival ke II tahun 2024.





 Hadir pada kegiatan tersebut Ketua DAD kabupaten Sekadau, ketua DAD kabupaten Sintang, kadis Sosial kabupaten Sekadau Kadis Koperasi dan UKM, Perwakilan dari Polres Sekadau, Danramil Sekadau hilir  dan tamu undangan lainan.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini