|

Bupati Sekadau, Lounching Kegiatan Peningkatan Jalan Tanjung - Penanjung

 Aron : 80 Persen DBH Sawit Kita Gunakan Untuk Infrastruktur



Sekadau,Kapuasrayatoday.com -

Bupati Sekadau Aron SH melaunching kegiatan peningjatan jalan Tanjung - Penanjung pada Senin (3/6) 2024 di Tanjung.

Camat Sekadau Hilir Gustat Indarto yang hadir pada kegiatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab atas perbaikan jalan Tanjung - Penanjung ini kata camat.

Dia menambahkan, jalan ini merupakan akses utama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.di beberapa desa antara lain Desa Tanjung, Desa Seberang Kapuas, Desa Landau Kodah, Desa Sempulau Indah, Desa Tigur Jaya, Desa Timpuk dan Desa Semabi. Dia berharap apabila pbangunannya sudah selesai diharapkan kita bersama- sama merawatnya agar bisa awet ujar Camat.

Kepala Dinas PUPR kabupaten Sekadau Heri Handoko dalam laporannya menyebutkan, jalan ini merukapan salah satu prioritas pembangunan yang ada di kabupaten Sekadau.

Jalan ini lanjut dia, dibangun menggunakan dana Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit dengan nilai kontrak Rp.5.544.856.000 (Lima Miliar lima ratus empat puluh empat juta delapan ratus lima puluh enam ribu rupiah) dan sudah mendapatkan persetujuan dari kementrian PUPR terang Heri Handoko . 

Peningkatan jalan pembangunan ini lanjut dia dilaksanakan oleh CV. Bina Konstruksi dengan masa kontrak 180 hari kalender terang Heri Handoko.



Ditempat yang sama bupati Sekadau Aron SH dalam Arahnya menyebutkan, perbaikan Jalan Penanjung - Tanjung dibangun dengan menggunakan DBH sawit. "Jalan ini kita bangun menggunakan dana baginhasil sawit" terang Aron.

Dari alokasi DBH sawit yang diperoleh pemkab lanjut Aron, 80 persen dari jumlah DBH yang kita dapat digunakan untuk kegiatan fisik. 

Selain jalan Tanjung - Penanjung, juga ada beberapa ruas jalan yang dibangun menggunakan DBH sawit antara lain, peningkatan jalan Ensibau-Merapi, jalan Mandala, dan bebera ruas jalan lainnya termasuk Box Culved di kecamatan Belitang dengan total kurang lebih 30 miliar terang Aron.. 

Kita bersyukur, daerah kata Aron baru kali ini kita dapat DBH sawit meskipun sawit kita sudah ada yang di replanting ungkapkan Aron.

Peningkatan bapak jalan Ini juga merupakan amanah dari ibu yang kami emban selama menjabat sebagai bupati dan wakil bupati saat kampanye lalu. 

Khusus jalan diwilayah ini hampir setiap tahum kita mengumpulkan dana pembangunannya meskipun secara bertahap. 

Pada tahun ini,kita juga sudah melakukan Koordinasi ke mentrian untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur kita yang masih belum terjangkau kata Aron menerangkan.

Dampak kunjungan Presiden.

Salah satu perjalanan kunjungan Presiden RI kata Aron adalah tahun ini kita akan melanjutkan pembangunan jembatan rangka baja di desa Sungai Sambang dan sebentar lagi akan dilelang. Selain itu ruas jalan Sekadau - Rawak juga sebentar lagi akan di kerjakan karena saat ini sedang dalam proses lelang.

Untuk menyelaraskan program IP3K, kami juga telah mengusulkan ke Kememteian terkait untuk penambahan energi PPL khusus perikanan karena saat ini energi PPL kami masih sangat minim.

Meski dengan keterbatasan APBD semua lini pembangunan tetap kita perjuangkan seperti listrik misyaknya, dimana tahun lalu kita sudah memasukkan pemasangan jaringan di 13 desa di kabupaten Sekadau pungkas Aron.

Keguatan tersebut meliputi anggota DPDR, Kadis PUPR, Asisten iI, Camat Sekadau hilir, Kapolsek Sekadau Hilir, perwakilan Danramil, para Kades dan para tokoh masyarakat setempat.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini