|

Hadiri Festival Budaya Di Maboh Permai, Aron : Pemda Akan Bangun Rumah Sakit Di Belitang

 



Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron, SH mengukuhkan Lanaw Alom sebagai salah satu dusun di desa Maboh Permai kecamatan Belitang kabupaten Sekadau Sabtu ,(29/6) 2024 di.lapangan bola desa Maboh Permai.

Dusun Lanaw Alom merupakan hasil pemekaran dari dusun Maboh Permai.

Pada kesempatan tersebut, Aron mengucapkan selamat melaksanakan festival budaya di desa Maboh Permai.

Atas nama pemerintah kabupaten Sekadau kami mengucapkan Selamat Gawai, kepada seluruh warga desa Maboh Permai kata Aron politisi asal kecamatan Nanga Mahap mengawali Berbagainya.

Sebagai masyarakat adat, sudah sepantasnya kita bersama melestarikan adat istiadat dan budaya yang sudah turun temurun kita lakukan.

Sebagai masyarakat adat kita patut bersyukur acara festival budaya ke II desa Maboh Permai ini berjalan dengan baik. 

Namun lanjut Aron, pada puncak penutup semua gawai, akan ditutup dengan Gawai Kabupaten Dayak pada bulan depan. 

Kegiatan Gawai tersebut merupakan agenda rutin pemerintah sekaligus sebagai rangkaian penutupan Gawai di kabupaten Sekadau.

Selain itu ia juga mengucapkan selamat kepada para pengurus adat Kecamatan Belitang yang baru dilantik, agar segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak guna menjaga agar situasi tetap kondusif dan menjaga toleransi dengan baik.

"Sebab toleransinya itu harganya sangat mahal," ucap Aron.

Aron juga mengucapkan selamat kepada atas pengukuhan dusun Lanaw Alom sebagai dusun baru di desa Maboh Permai. Semoga dengan berkembangnya dusun baru maka perkembangan Desa Maboh Permai semakin maju.

Aron juga berharap agar selalu menjaga kondisi keamanan di kabupaten Sekadau menjelang penyandingan perolehan suara oleh KPU.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan dalam waktu dekat pemerintah daerah kabupaten Sekadau berencana membangun Rumah Sakit di wilayah tiga Belitang, pembangunan Rumah Sakit tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat di tiga Belitang.

"Sebaiknya bila ada yang sakit, untuk rujuk tidak harus ke kota kabupaten Sekadau, cukup di Belitang bila rumah sakitnya sudah ada," kata Aron.

Sementara itu ditempat yang sama Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama dalam Berbagainya mengatakan, agar semua pihak bersama-sama menjaga keamanan yang selama ini sudah terwujud, apalagi menjelang Penyandingan data perolehan suara yang sebentar lagi akan di laksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kata Kapokres . Untuk itu ia menyarankan agar masyarakat tidak perlu hadir ramai-ramai menyaksikan. “Karena semua itu sudah ada yang ngurus, yakni KPU sebagai penyalur pinjaman sektornya,” kata Kapolres Mengingatkan.

Hal yang juga disampaikan oleh ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Jefray Raja Tugam, ia juga meminta masyarakat adat Dayak ikut serta membantu pihak kepolisian untuk bersama-sama menjaga keamanan di kabupaten Sekadau. Maka ketika nanti pada waktunya ada penyandingan perolehan suara oleh KPU sebagai pelaksana hasil putusan Makamah Konstitusi (MK) sebaik kita bisa menahan diri untuk tidak terlibat langsung, karena mekanisme sudah di atur.

"Jangan jadikan putusan MK menjadi ajang untuk kita ribut, kita nantikan saja hasilnya semua sudah ada mekanismenya tersendiri," kata Jefray.

Hadir pada kegiatan tersebut, kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Handayani, kadis Perhubungan Hermansyah, CEO CU KK Valentinus, Sekretaris DAD Isbianto, camat Belitang hilir Evodius, Camat Belitang Nazur Yurdana, Kapolsek Belitang Khairudin, Danramil Belitang, kepala desa Maboh Permai Sebastian, tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh adat serta seluruh pengurus DAD kecamatan Belitang.(tim/dar).


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini