|

Kapolsek Nanga Mahap Ajak Warga Desa Tembesuk Ikuti Lomba Satkamling Hari Bhayangkara ke 78


 Sekadau,Kapuasrayatiday.com -  - Semangat para warga Desa Tembesuk, Kecamatan Nanga Mahap, kabupaten Sekadau, terlihat dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti Lomba Satkamling dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-78. Hal ini terlihat dalam kegiatan Jumat Curhat di Kantor Desa Tembesuk pada Jumat (31/5/2024).

Hadir dalam rapat tersebut Kapolsek Nanga Mahap, IPDA Eric Ibrahim Pattimura, didampingi oleh Kanit Binmas Bripka Lasa Dominikus dan Kanit Intelkam Bripka Nanang. Turut serta pula Kades Tembesuk Riyadi beserta para Kepala Dusun dan masyarakat Desa Tembesuk.

Dalam sambutannya, IPDA Eric menyampaikan bahwa lomba Satkamling ini merupakan salah satu upaya Polres Sekadau untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

"Saya berharap dari Desa Tembesuk dapat mewakili Kecamatan Nanga Mahap dalam lomba Satkamling Hari Bhayangkara ke 78 di Polres Sekadau. Karena dalam perlombaan ini setiap Polsek hanya bisa mengajukan satu Satkamling terbaik untuk maju dalam perlombaan," ucap IPDA Eric.

IPDA Eric menjelaskan bahwa Satkamling memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama di wilayah pemukiman. Oleh karena itu, Satkamling perlu dioptimalkan dan ditumbuhkembangkan.

Dalam kesempatan tersebut, IPDA Eric juga menyampaikan beberapa poin penting terkait standar Pos Satkamling dan tugas-tugas Satkamling. Pos Satkamling minimal harus memiliki peralatan standar, seperti kentongan, papan tanda-tanda sandi kentongan, alat pemadam api sederhana, pentungan, jas hujan, buku absensi dan mutasi, lampu senter, serta borgol.

Selain itu, diharapkan setiap petugas Satkamling dapat melakukan pertolongan pertama terhadap korban yang timbul akibat suatu kejadian, baik pidana maupun non pidana, serta pengamanan terhadap pelaku kejahatan yang tertangkap tangan.

"Melalui kegiatan rapat persiapan ini, kami dari Polsek Nanga Mahap berharap apa yang telah diperagakan oleh para warga saat penilaian lomba, nantinya bisa diaplikasikan pada situasi yang sebenarnya," harap Kapolsek.

Antusias warga dalam mengikuti Lomba Satkamling ini juga terlihat dari sambutan Kades Tembesuk, Riyadi, yang menyampaikan apresiasinya terhadap lomba Satkamling dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78. 

"Secara pribadi dan mewakili pemerintahan Desa Tembesuk, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih kepada Kapolsek Nanga Mahap yang telah mempercayai Desa Tembesuk untuk mewakili Kecamatan Nanga Mahap," ungkap Riyadi.

"Desa Tembesuk siap mendukung penuh dan berpartisipasi aktif dalam lomba tersebut. Kami akan memperbaiki Pos Satkamling yang ada dan melengkapi perlengkapan yang diperlukan sesuai standar," tutupnya.(hms/*)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini