|

Pemkab Sekadau Gelar Operasi Katarak.Gratis

 Wabup Subandrio : Ini Khusus Untuk Membantu Masyarakat Kabupaten Sekadau Yang Mengalamai Masalah Pemglihatan




Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 


Perintah kabupaten Sekadau mengelar operasi katarak secara gratis bagi warga kabupaten Sekadau yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Sekadau Sabtu (22/6) 2024.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Wakil bupati Sekadau Subandrio SH.MH mengatakan tujuan dilaksanakannya operasi katarak adalah untuk membantu masyarakat kita di kabupaten Sekadau.

Adapu.jumlah peserta operasi Katarak di targetkan minimal100 orang. Jumlah tersebut juga sudah melalui skrening di13 Puskesmas se-kabupaten Sekadau kata Wabup.

Wabup menambahkan, operasi katarak ini dilakukan untuk membantu masyarakat kabupaten Sekadau yang selama bertahun - tahun mengalami masalah penglihatan kata Suban.

"Operasi katarak gratis ini kita lakukan untuk membantu masyarakat kita khusunya masyarakat kabupaten Sekadau yang mengalami masalah penglihatan selama bertahun -tahun" ucap wabup.

Sebelum masuk ke ruang operasi kata Suban, pasien wajib menjalani skrening terakhir yang dilakukan oleh dokter spesialis. Hal itu dilakukan langsung oleh dokter spesialisnya untuk menentukan apakah  pasien tersebut layak di operasi atau tidak. Setelah dinyatakan layak oleh dokter, baru pasien dipersilakan menunggu antrian untuk di operasi.

Dari jumlah tersebut, setelah final skrening yang dilakukan oleh dokter spesialis jumlah peserta yang tadinya ada 100 orang menjadi hanya tersisa 92 orang, 8 orang lainnya dinyatakan belum layak operasi.

Penyebabnya ada beberapa faktor, antara lain,  tensi darah naik, gula darah tingi dan ada juga yang memang belum memenuhi syarat untuk dilakukan operasi katarak terang Suban. Hal senada juga di sampaikan oleh kepala dinas Kesehatan PP dan KB kabupaten Sekadau Henry Alpius.

Katarak terang Henry Alpius, ada fase-fase tertentu yang bisa menentukan layak.operasi atau tidak, jika sudsh terlalu tua juga tidak.bisa di operasi, terlalu muda juga tidak.bisa di lakukan operasi terangnya.

Sebelumnya jumlah pendaftar operasi Katarak ada sebanyak 260 orang yang berasal dari 13 Puskesmas se-kabupaten Sekadau. Dari jumlah tersebut setiap Puskesmas secara rutin melakukan skrening terhadap calon pasien dengan melakukan pengecekan secara rutin tensi darah, gula darah dan penyakit  lainnya setiap bulan selama tiga bulan. 

"Jadi peserta operasi katarak.ini tidak serta merta datang langsung di operasi,  peserta yang datang ini sudah melalui skrening di Puskesmas masing-masing. Dalam waktu tiga bulan sebelumnya" ucap Henry.

Untuk melakukan operasi Katarak Pemkab meminta bantuan kepada Ikatan dokter Mata (IDM) Provinsi Kalbar yang bertugas di beberapa kabupaten seperti Kota Pontianak, kabupaten Sambas, Singkawang, Landak, Sintang, Sanggau dan Kapuas Hulu.

Pantauan media ini saat kegiatan berlangsung,salah seorang pasien' atas nama Fransiskus Johon asal Nanga Mahap terlihat senang dan bahagia setelah operasi kataraknya berhasil karena ia yakin penglihatannya akan kembali pulih seperti sedia kala.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wabuo Subandrio SH.MH, Kadis Kesehatan PP dan KB Henry Alpius, Direktur RSUG dr. Tanjung Harapan Tampubolon, dan para kepala Puskesmas se-kabupaten Sekadau. (dar) 

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini