|

Launching Peningkatan Jalan Mandala Aron Sebut, 30 Miliar DBH Sawit Kita Gunakan Untuk Infrastruktur Jalan


 Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Bupati Sekadau Aron SH meluncurkan peningkatan jalan Mandala I yang terletak di Desa Tapang Semadak pada Rabu (3/7) 2024.

Kades Tp.Semadak Marsianus Marsiadi 

Dalam sambutannya kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Sekadau yang telah merealisasikan peningkatan Jalan Manda I yang selama ini telah didambakan oleh masyarakat kata kades kami.

Jalan ini hanya menghubungkan desa Tapang Semadak dan desa Engkersik. Jalan ini juga sengaja merupakan urat nadi perekonomian masyarakat kita sebagai petani kelapa sawit. 

Desa kami adalah salah satu desa penghasil.sawit, maka infrastruktur jalan merupakan jalur utama peningkatan ekonomi masyarakat desa Kades.

Gustrar Indarto camat Sekadau hilir menerangkan, jalan mandala satu merupakan jalan penghubung antara desa Tp.semadak dengan desa Engkersik. Dua desa ini adalah sebagai desa penghasil kelapa sawit ungkap camat.

Kadis PUPR Kabupaten Sekadau Heri Handoko dalam laporannya menyebutkan peningkatan Jalan Mandala dianggarkan sebesar Rp5,9 miliar yang berasal dari dana DBH sawit Kabupaten Sekadau tahun 2024.

Heri, sapaan Heri Handoko meminta kepada masyarakat jika ada penanaman.tumbuh yang terkena dampak pembangun jalan ini mohon untuk relakan, karena pada pengerjaan jalan tidak di.angarkan dana ganti rugi sebab ini adalah untuk kepemtingan masyarakat. Masyarakat juga diminta untuk bersabar saat melewatinya.jalan ini pada saat pengerjaan kata Heri

Meski jalan ini belum tuntas, namun ini merupakan awal yang baik bagi Heri Handoko.

Bupati Sekadau Aron SH dalam arahannya meyebutkan, peningkatan jalan ini adalah untuk menjawab kerinduan masyarakat di Desa Tapang Semafak dan Desa Engkersik yang membangun infrastruktur yang baik kata Aron. 

Kami bersyukur pemerintah pusat telah mengucurkan dana bagi hasil kelapa sawit, sehingga kami sebagai salah satu kabupaten penghasil kelapa sawit mendapatkan dana DBH yang lumayan besar.

Tahun ini lanjut Aron, sebesar Rp.30 M alokasi DBH kita gunakan untuk peningkatan jalan Mandala I, jalan Tanjung - Penanjung, jalan Ensibau - Merapi, Jalan Dwikora Belitang, jalan Cuka Hulu - Nanga Kiungkang, dan Box Culved di Belitang sebut Aron.

Kami berkomitmen untuk meningkatkan infrastruktur yang telah kami lakukan sejak dilantik sebagai bupati dan wakil bupati tahun 2021 kata Aron. 

Jalan ini ada yang di bangun menggunakan APBD murni, dana impres, dan DBH.

Selain Jalan Penda, juga ada beberapa jalan yang dapat kita sepakati dengan pihak perusahaan seperti jalan kayu lapis dengan PT.Multi Prims Entakai (PT.MPE), PT.Agro Andalan dan PT.Bintang Sawil.Lestari (BSL). Kemudian jalan di Belitang huli juga kita MOu kan dengan PT.GUM, PT.KBP dan PT. Parna kata Aron.

Semua ini kita lakukan untuk kepentingan masyarakat.

Aron berharap impian Presiden baru agar mudah-mudahan jalan terus berlanjut berkat Aron. 

Menyingung soal ketahanan pangan Aron mengatakan Pemerintah Daerah setiap tahun ditargetkan harus ada investasi yang masuk ke daerah untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. Di Sekadau kata Aron yang terbanyak adalah investasi di bidang perkebunan. Untuk bidang pangan masih sedikit. Oleh karena itu  Aron berharap agar kades memperhatikan lahan pertanian yang ada supaya di tanamai tanaman pangan seperti padi dan palawija umtuk mengantisipasi kekurangan pangan. Sebab saat ini negara - negara yang dulunya mengekspor beras ke Indonesia, saat ini sudah tidak lagi ekspor. Semuanya mengantisipasi pemanasan global.

Sehingga pemerintah deerah akan bekerja sama dengan TNI untuk mengerakkan, gerakan pangan tutur Aron.

Hadir pada kegiatan tersebut, Danramil sekadau hilir, Kapolsek Sekadau hilir, Camat Sekadau hikir, Asisten II, kadis PUPR, dan kades Engkersik, kades Seraras, kades G.Tekam, kades Tp.Semadak dan tokoh masyarakat setempat.(dar)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini