|



Desa Sungai Ukoi Adakan Ritual Bersih Makam Tua

Sintang,Kapuasrayatoday.com - Keluarga ahli waris bersama warga setempat mengadakan gotong royong  membersihkan makam tua. Kegiatan pembersihan dimulai dengan ritual adat dan tradisi suku dayak Desa, desa Sungai Ukoi kecamatan Sungai Tebelian kabupaten Sintang.

Kegiatan pembersihan makam tua dilaksanakan pada Senin ,(23/9) 2019  dusun Simpang Tiga, tepatnya di belakang gedung SKB, samping lapangan bola desa Sungai Ukoi.


Pelaksanaan ritual adat ini, bertujuan agar tidak ada halangan dan rintangan pada saat melakukan kegiatan nantinya, pembersihan ini, dikarenakan kondisi makam tersebut sangat tidak terawat dengan beberapa tumbuhan kayu besar dan tinggi, yang berdiri tegak di dekat bangunan-bangunan gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), sehingga pihak pengelola SKB berkoordinasi dengan ahli waris dan warga setempat bersepakat, untuk melakukan membersihkan dan penebangan kayu tersebut,  agar tidak mengganggu, demi menjaga keselamatan disekitarnya.


Ketua ritual adat Deraman  menyebutkan bahwa,  ritual adat ini sudah menjadi tradisi turun temurun,  terutama adat suku dayak, jika kita ingin melakukan kegiatan, apalagi tempat makam,  maka kita perlu minta perlindungan yang maha kuaasa,  agar tidak ada sesuatu yang menggagu,  sehingga kegiatan kita jadi lancar dan aman jelasnya.

Hadir dalam kegiatan ritual adat ini juga, disaksikan oleh perwakilan SKB,  anggota Polsek Sungai Tebelian Ipda Sanusi,  perwakilan dari kecamatan sungai tebelian supriyadi dan tokoh masyarakat serta ahli waris.

Penulis : Tinus Victoria
Editor.   : Sudarno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini