-->
    |

Belajar Kejujuran dengan Youtube

Oleh: Rosadi Jamani. (foto: Suarakalbar.co.id)
Kapuasrayatoday.com - SIAPA sih yang tidak tahu dengan youtube. Dari anak kecil sampai nenek-nenek tahu. Ketenaran aplikasi youtube sangat mendunia. Aplikasi berbasis di Amerika Serikat itu paling digrandrungi saat ini, terutama kaum milenial.

Kalau kalian ketemu remaja lagi nongkrong, pegang handphone (hp), hampir bisa dipastikan antara dua aplikasi yang dibuka, youtube dan games. Kalau tak main games, bukan youtube. Kalau tak percaya, cek saja! Begitu tenarnya youtube di kalangan anak muda, membuat aplikasi ini paling sering dibuka. Bersanding dengan google dan facebook.

Apa sih yang menarik dari youtube sampai begitu digandrungi? Apa saja bisa dicari di youtube. Mau hiburan, ada. Mau informasi terkini, banyak. Mau ilmu pengetahuan, bejibun. Mau soal agama, tinggal pilih. Mau soal hewan, alam, luar angkasa, teknologi, budaya, seni, apa saja ada. Semua itu bisa dinikmati cukup dengan menonton. Jauh lebih asyik menonton video di youtube ketimbang membaca teks. Video menggabungkan antara teks, gambar, audio visual dan musik. Sehingga menjadikan pesan yang disampaikan lewat video jauh lebih efektif ketimbang teks. Emosionalnya dapat.

Nah, satu lagi paling menarik dari youtube yang membuatnya berbeda dari aplikasi lain. Penghasilan dolar. Youtube tak sekadar menyuguhkan tontonan, tapi juga memberikan penghasilan lumayan bagi penggunanya. Di sinilah yang membuat youtube paling diminati di seluruh dunia. Banyak orang kaya raya dari youtube. Sebut saja the king youtuber of Asia Tenggara, Atta Halilintar. Ia menjadi kaya raya dengan youtube. Belum lagi Ria Ricis.

Banyak artis saat ini lebih memilih youtube untuk mengekspresikan karya mereka.
Demikian juga profesi lain misal dosen dan guru. Banyak mendedikasikan ilmunya lewat video yang diunggah di youtube. Buruh bangunan pun tak ketinggalan. Para Tenaga Kerja Indonesia (TK) di luar negeri, rata-rata pemain youtube. Bahkan, banyak anak-anak juga memiliki penghasilan lumayan dari youtube. Luar biasa.

Kebetulan saya Ketua Youtuber Kalbar Club (YKC). Di grup ini ada ratusan anggota. Lumayan lama bermain dunia ini. Sudah malang-melintang. Semua sudah dirasakan. Termasuklah channel kena banned alias diskak mat oleh youtube alias tamat. Padahal lagi asyik-asyiknya menerima penghasilan ketika itu. Dunia serasa mau runtuh dibuatnya. Sempat drop. Karena sudah cinta bangat sama youtube, begitu kena banned, buat lagi channel baru. Mulai lagi dari nol. Bangkit lagi.

Alhamdulilah, dengan channel baru sekarang, sudah melebihi ketenaran dari channel sebelumnya.
Kenapa channel dibanned alias dihapus oleh youtube? Publik harus tahu, youtube itu mengajarkan kejujuran sebenarnya. Untuk menjadi mitra youtube, kita harus mengikuti berbagai aturan yang telah ditetapkan. Pedoman komunitas partnership. Segala aturan itu tidak boleh dilanggar.

Kalau dilanggar diberikan peringatan sampai tiga kali. Masih juga melanggar, kena banned. Habis. Di antara aturan itu, ketika mengunggah video tidak boleh melanggar hakcipta (copyright). Video orang jangan seenaknya diunggah. Video tidak boleh mengandung kekerasan, judi, pornografi, eksploitasi anak, kontroversial, dan sebagainya. Segala aturan itu sangat jelas, Kadang masih banyak para youtuber melanggarnya. Tidak heran banyak channel dihapus oleh youtube.

Kemudian, banyak juga youtuber bermain curang. Melakukan praktik curang demi mendapatkan subscribe dan views (kunjungan). Ada menggunakan robot atau aplikasi. Ada juga menggunakan akun boot (akun yang diciptakan dalam jumlah banyak). Banyak lagi praktik curang dalam dunia ini. Tapi, youtube itu aplikasi dunia. Berkumpul ahli IT kelas dunia di dalamnya. Sebagus apapun  cara untuk mencurangi youtube, lambat laun akan ketahuan. Apa akibatnya? Kalau channel itu sudah monetisasi (ada iklannya), kerja sama sebagai mitra dihentikan. Artinya, channel biasanya ada iklan muncul, menjadi tidak ada lagi. Kalau sudah seperti ini, channel tidak lagi menghasilkan dolar atau pendapatan.

Mirip kerja bakti. Capek-capek buat video, tapi tak ada bayaran. Walau dihentikan sebagai mitra, bisa mengajukan ulang. Dengan syarat, segala bentuk kecurangan atau pelanggaran harus dihilangkan.
Caranya dengan menghapus video yang dicurigai mengandung pelanggaran. Kalau tidak dihapus, selamanya channel tidak menghasilkan apa-apa (dolar). Pelanggaran seperti ini banyak ditemukan. Masih ada harapan untuk diterima menjadi mitra. Tapi, kalau pelanggaran sudah parah, kena banned. Inilah pelanggaran paling ditakuti. Channel kita ditutup selamanya. Habis sudah, tinggal meratapi nasib.

Begitulah dunia youtube. Mungkin orang yang tidak paham dunia ini, melihatnya enak. Bagi saya yang sudah cukup lama bermain di dunia ini, tidak seenak yang dibayangkan. Ada aturan yang harus ditaati. Semua bermuara pada kejujuran. Untuk mendapatkan penghasilan dari youtube, sama halnya dengan dunia kerja lainnya. Kita harus tekun, konsisten, dan kerja keras. Tidak bisa santai. Kalau santai, hasil yang didapat juga kecil. Kalau rajin, konsisten dan kreatif, pendapatan juga besar. Begitulah dunia youtube. Kejujuran sangat dikunjung tinggi.


Sumber: Suarakalbar.co.id

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini