-->
    |

KNPI Ketapang Gelar Tasyakuran dan Dialog Kepemudaan Guna Peringati Hari Sumpah Pemuda

Ketua KNPI Kabupaten Ketapang Uti Royden Top tengah memotong tumpeng pada acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang sekaligus dirangkai dengan Tasyakuran antar sesama pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Ketapang di Gedung KNPI di Jalan RM. Sudiono, Kecamatan Delta Pawan, Kamis (29/10/2020) malam. (Foto: Suara Ketapang)

Kapuasrayatoday.com
- Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Ketapang Periode 2020-2023 menggelar kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang sekaligus dirangkai dengan Tasyakuran antar sesama pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Ketapang di Gedung KNPI di Jalan RM. Sudiono, Kecamatan Delta Pawan, Kamis (29/10/2020) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPD KNPI Kabupaten Ketapang Uti Royden Top, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Ketapang Edy Radiansyah, SH. MH, Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga Kab.Ketapang Mohtar Efendi, S.Pd,.M.Pd serta Kasi Kepemudaan Dinas Pemuda Olahraga Is'an dan Suzarmi.

Uti Royden Top selaku Ketua Umum DPD KNPI Kabupaten Ketapang berharap bahwa dalam pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sekaligus dirangkai dengan tasyakuran antar sesama pengurus DPD KNPI Kabupaten Ketapang berharap agar momentum ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi guna memupuk semangat dan kekompakan antar pengurus. 

Pemuda yang sangat familiar di sapa Otop itu mengingatkan kepada jajarannya bahwa KNPI Ketapang ini adalah kumpulan dari seluruh pemuda-pemuda yang berasal dari latar belakang organisasi kemasyarakatan dan pemuda yang berbeda-beda, namun Ia sangat berharap bahwa perbedaan itu tidak menjadi kendala bagi kita untuk melakukan perubahan-perubahan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat Kabupaten Ketapang. 

Tidak ada perbedaan suku, ras, golongan, kelompok, organisasi bahkan agama sekalipun di KNPI ini, semuanya kita adalah sama dan kita mempunyai satu tujuan yaitu bagaimana Pemuda Kabupaten Ketapang harus terus dapat menunjukkan harmonisasi antar sesama bahkan dengan perbedaan inilah kita menjadi satu. Hal ini sebagaimana tertuang jelas dalam isi Sumpah Pemuda tersebut. Tegasnya

Atas nama Ketua dan mewakili dari seluruh jajaran pengurus KNPI Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dispora Ketapang yang telah memfasilitasi gedung ini untuk dijadikan sebagai rumah Pemuda atau wadah pemuda Ketapang dalam melakukan aktivitas kepemudaan. Kita berdoa semoga pemuda Ketapang terus konsisten dan berkomitmen dalam mewujudkan pemuda Ketapang yang kreatif, inovatif, visioner serta mandiri. Sehingga terwujudnya Ketapang yang Maju menuju Masyarakat yang Sejahtera. Tutupnya

Sementara itu, Edy Radiansyah selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang Ia sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut yang diinisiasi oleh KNPI Kabupaten Ketapang di bawah kepemimpinan Uti Royden Top, hal ini dilaksanakan sebagai bentuk refleksi dari peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92.

"Atas nama pribadi dan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ketapang sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 ini, kami tak ragu sedikitpun bahwa dibawah kepemimpinan Uti Royden Top ini insyaallah KNPI Kabupaten Ketapang akan terus eksis dengan program-programnya sebagai wadah bagi Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda" ujarnya.

Disampaikannya kembali, menurutnya sosok seorang Uti Royden Top ini memang lahir dan dibentuk melalui proses yang sangat luar biasa dan itu saya tau betul bagaimana kiprah dan kontribusinya terhadap Pemuda di Kabupaten Ketapang. Maka sudah selayaknya beliau memimpin organisasi tertinggi di tingkatan OKP ini yaitu KNPI. 

Tak hanya itu saja, di samping Ia sebagai sosok Pemuda yang karismatik, berwibawa dan pengayom tersebut Ia juga merupakan seorang anggota dewan yang sangat dikenal sebagai sosok yang humanis dan sosialis. Maka kami sangat yakin bahwa KNPI Kabupaten Ketapang kedepannya akan terus melahirkan program-program yang baik yaitu program-program yang tak hanya sekadar membina dan memadahi seluruh Pemuda saja tetapi KNPI juga akan terus memberikan kontribusi terhadap kehidupan masyarakat yang ada di Ketapang sebagai bentuk peningkatan kualitas sumber daya manusia agar masyarakat Ketapang menjadi lebih baik kedepannya. Tegasnya

Menurutnya, DPD KNPI Kabupaten Ketapang harus menjadi promotor dan penggerak dalam segala aktivitas kepemudaan di Ketapang, salah satu menurutnya adalah bagaimana KNPI Ketapang harus menjadi teladan dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19 di Ketapang ini. Hal ini bisa kita mulai dari lingkungan keluarga sekitar. 

"Di tengah masa Pendemi covid-19 Kabupaten Ketapang saat ini, tentu kami Dispora Ketapang sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang sangat berharap banyak kepada jajaran pengurus KNPI Ketapang agar dapat membantu serta ikut andil dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan covid-19 ini minimal bisa kita mulai di lingkungan keluarga" imbuhnya

KNPI berfungsi sebagai wadah perjuangan pemuda dalam kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. KNPI juga berfungsi sebagai forum komunikasi dan penyalur aspirasi Organisasi Kemasyarakatan Pemuda dalam meningkatkan derajat, taraf hidup, status dan kesejahteraan sosial. Hal ini sebagaimana tertuang jelas dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KNPI itu sendiri. Tutupnya

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 itu juga dirangkai dengan Dialog Kepemudaan DPD KNPI Kabupaten Ketapang Bersama Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Ketapang. Sehingga antusiasme dari seluruh jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Ketapang dalam menanggapi berbagai persoalan pemberdayaan, pembinaan serta peningkatan kapasitas peran dan fungsi kepemudaan hingga isu-isu strategis kedaerahan yang salah satunya adalah persiapan kontestasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ketapang pada 09 Desember 2020 mendatang.  

Mohtar Efendi selaku Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Ketapang mengutarakan pada kesempatan sesi dialog interaktif kepemudaan saat itu dengan berbagai program-program kepemudaan yang dapat disinergikan dengan KNPI Kabupaten Ketapang sebut saja diantaranya; Kapal Pemuda Nusantara, Pertukaran Pelajar Antar Negara, Pemuda Pelopor, dan Pemuda Desa Binaan yang kerap setiap tahunnya terus dilaksanakan. 

"Sangat banyak sekali program kepemudaan yang ada di Dinas Pemuda dan Olahraga Ketapang, maka dari itu kami berharap kedepannya sinergitas antara Dispora dan KNPI Kabupaten Ketapang harus terjalin dengan baik dalam merealisasikan berbagai macam program kepemudaan sehingga Dispora ini tidak hanya sekedar menjadi fasilitator saja, tapi juga merupakan sebagai wadah pembinaan untuk kegiatan-kegiatan kepemudaan ke depan" ucap mantan Kabid di Dinas Pendidikan itu. 

Untuk diketahui, bahwa DPD KNPI Kabupaten Ketapang ini secara resmi telah dilantik oleh Sekretaris Umum KNPI Kalimantan Barat Achmad Syahriel Ishaq di Hotel Asana Nevada Ketapang pada 24 September 2020 yang lalu. 

Tak hanya itu saja, DPD KNPI Kabupaten Ketapang juga secara resmi telah terdaftar sebagai wadah bagi seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda di Kesbangpol Linmas Kabupaten Ketapang. Sehingga legalitas formal dari kepengurusan DPD KNPI Kabupaten Ketapang betul-betul sah baik itu de facto maupun de jure.  

Kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 dan Tasyakuran itu ditutup dengan rangkaian foto bersama dan pengucapan Isi Sumpah Pemuda antara Dinas Pemuda dan Olahraga bersama seluruh jajaran pengurus DPD KNPI Kabupaten Ketapang. (Suara Ketapang)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini