-->
    |

Somalia Khawatirkan Imbas Penarikan Pasukan AS

Pasukan AS dalam misi pelatihan terhadap militer negara-negara Afrika Barat (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Anggota parlemen dan pejabat militer di Somalia mengatakan penarikan pasukan Amerika dari negara itu, seperti dilaporkan telah diusulkan Presiden Donald Trump, akan menjadi bencana dan bisa mengundang keberanian al-Shabab dan kelompok teroris lainnya.

Sekretaris Komisi Pertahanan Majelis Tinggi Somalia, Senator Ahmd Hashi, mengatakan usul tersebut sama dengan "Amerika di bawah Trump berpaling dari Somalia pada saat kritis."

"Sementara negara ini menuju pemilu dan ancaman teroris tetap kuat, ini adalah saat paling kritis ketika kami membutuhkan dukungan Amerika," ujar Hashi kepada VOA. Pemilu parlemen Somalia dijadwalkan akhir Desember, sedangkan pemilihan presiden pada Februari.

Harian New York Times melaporkan pekan ini bahwa Presiden Trump berencana menarik hampir semua dari 700 personel militer Amerika yang sedang melakukan pelatihan dan misi kontraterorisme di Somalia. Laporan itu menyebutkan Trump juga berencana mengurangi pasukan secara tajam di Afghanistan dan Irak.

Hashi, yang juga mantan pejabat senior militer Somalia, mengatakan penarikan pasukan dari Somalia akan menjadi "pukulan telak bagi Tentara Somalia". (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini