|



Direktur Eropa WHO Puji Persetujuan Vaksin, Serukan Kewaspadaan

Direktur Eropa Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO), Dr Hans Henri P. Kluge, di Copenhagen, Denmark. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Direktur Eropa Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO), Kamis (3/12) menyebut persetujuan yang diberikan Inggris pada vaksin virus corona buatan Pfizer-BioNTech sebagai "fenomenal," tapi menganjurkan warga Eropa untuk tetap waspada.

Berbicara di kantornya di Copenhagen, Dr. Hans Kluge mengatakan vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin yang sedang menunggu persetujuan di tempat lain, serta 50 kandidat vaksin lain dalam tahapan uji coba pada manusia, memberikan hasil yang menjanjikan dan fenomenal. Dia mengatakan vaksin-vaksin itu, dibarengi dengan upaya kesehatan masyarakat lain, bisa mengakhiri pandemi fase yang akut.

Sementara wilayah Eropa lain menunggu vaksin itu, Kluge menyerukan negara-negara untuk menyusun rencana dan segera menyiapkan pasokan. “Ini waktunya bagi kepemimpinan yang bertanggung jawab. Kepada negara-negara yang menyaksikan penurunan transmisi, manfaatkan waktu ini dengan bijak," katanya.

Mempertimbangkan pasokan awal vaksin yang akan terbatas jumlahnya, Kluge mengatakan WHO merekomendasikan bahwa para petugas medis dan pekerja sosial, lansia 60 tahun ke atas serta para penghuni dan petugas panti wreda harus diprioritaskan.

Dia mengatakan negara-negara harus meningkatkan infrastruktur kesehatan masyarakat dan bersiap-siap menghadapi lonjakan Covid berikutnya.

Dia memperingatkan bahwa virus itu masih bisa menimbulkan dampak sangat besar "apabila kita tidak melakukan segala upaya untuk menyetop penyebarannya."

Kluge mengatakan kini ada 19 juta kasus COVID-19 dan lebih dari 427.000 kematian di wilayah Eropa, dengan lebih dari 4 juta kasus pada November saja. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini