-->
    |

Dusun Sebongkup Dapat Bantuan, Wakil Bupati Sanggau Resmikan Balai Energi Tenaga Surya

 

Foto: Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot Meresmikan Balai Energi Tenaga Surya di Dusun Sebongkup

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-Dusun Sebongkup dapat bantuan untuk penerangan desa terpencil, Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si meresmikan Balai Energi Listrik Tenaga Surya dari Yayasan Berbagi Listrik Jakarta yang di support oleh XL axiata di Dusun Sebongkup, Desa Nanga Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Sabtu (19/12/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut Pengurus Yayasan Majelis Taklim XL, Nasrul Hendarsyah, dari Yayasan Berbagi Listrik, Irvan Hermala dan Nur Hendrasto, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sanggau, Drs. Alipius, M.Si, Kepala Desa Nanga Biang, Mawardi, Kepala Dusun Sebongkup, Victor dan masyarakat Dusun Sebongkup.


Usai meresmikan Balai Energi Listrik Tenaga Surya, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot ketika diwawancarai menyampaikan selaku Pemerintah Kabupaten Sanggau mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Majelis Taklim XL axiata dalam hal tersebut dari Yayasan Berbagi Listrik Jakarta dalam membantu pemerintah membangun ketenagalistrikan di daerah terpencil.

“Tentu dengan adanya Balai Energi Listrik Tenaga Surya ini kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan ini dengan baik, untuk mengembangkan dari sisi ekonomi keluarga dan juga dapat meningkatkan kecerdasan anak-anak kita sehingga dengan sudah adanya listrik tenaga surya ini mereka bisa belajar dengan baik dan nyaman,” ujar Wakil Bupati Sanggau,Yohanes Ontot.

Lanjut Wabup, Yohanes Ontot bahwa saat ini anak-anak kita sekolah atau belajar dengan cara daring, karena mengingat masihnya pandemi Covid-19.

“Kita berharap ini bisa dimanfaatkan, karena wifi juga sudah berjalan disini. Sehingga kita berharap kepada masyarakat disini manfaatkan sebaik-baiknya dan nanti melalui Pak Kades, Pak Kadus dan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan, serta dari Baznas untuk tetap dapat terus berkoordinasi bersama Yayasan Berbagi Listrik Jakarta ini. Karena seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa ketika kalau alat-alat tersebut mengalami kerusakan maka otomatis dapat diketahui dan dikendalikan langsung dari Jakarta,” harapnya.

Wabup, Yohanes Ontot juga berharap kepada masyarakat Dusun Sebongkup, Desa Nanga Biang ini untuk dapat memanfaatkannya dengan baik.

“Kepada masyarakat untuk dapat menjaga, memelihara alat listrik tenaga surya ini secara bersama-sama, karena aset ini harus dijaga dan dipelihara dengan baik. Agar dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk kepentingan masyarakat baik dari sisi ekonomi, pendidikan dan sisi lainnya,” tegasnya.

“Sehingga dengan diresmikannya Balai Energi Listrik Tenaga Surya dari Yayasan Berbagi Listrik Jakarta yang di support oleh XL axiata ini maka jumlah Dusun di Kabupaten Sanggau yang sudah teraliri listrik berjumlah 641 Dusun dan Dusun yang belum teraliri listrik berjumlah 224 Dusun,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama Pengurus Yayasan Majelis Taklim XL, Nasrul Hendarsyah menyampaikan bahwa pada tanggal 10 Oktober 2020 yang lalu kita melaksanakan peletakan batu pertama balai energi wakaf listrik.

“Alhamdulillah pada hari ini dapat kita lihat bersama bahwa fasilitas wakaf listrik sudah jadi dan siap untuk digunakan oleh masyarakat. Kita ketahui bahwa kebutuhan listrik adalah kebutuhan utama tentunya bagi masyarakat. Kami dari Majelis Taklim XL axiata tentu sangat senang sekali dapat membantu masyarakat untuk kebutuhan listrik,” jelas Pengurus Yayasan Majelis Taklim XL, Nasrul Hendarsyah.

Lanjut dijelaskannya bahwa wakaf listrik tersebut merupakan bagian dari program CSR XL axiata.

“Program ini merupakan bagian kontribusi kami kepada masyarakat dan khususnya masyarakat Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat. Harapan kami bahwa dengan adanya fasilitas ini bisa bermanfaat untuk masyarakat dan tentunya kami meminta kepada warga Dusun Sebongkup, Desa Nanga Biang ini untuk dapat bersama-sama menjaga, memanfaatkan fasilitas ini,” harapnya.(cep)

Sumber: Diskominfo Sanggau

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini