-->
    |

Jarot Launching Aplikasi SIBEJI Tersedia Di Playstore, Ini Manfaatnya


Sintang
, Kapuasrayatoday.com -

Bupati Sintang Jarot Winarno melaunching Aplikasi Sistem Berbasis Jari atau SIBEJI di halaman Kantor Bupati Sintang, Selasa (15/12/2020). 

Aplikasi yang diinisiasi oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang tersebut saat ini sudah bisa diunduh di playstore di smartphone berbasis android. 

Saat meluncurkan aplikasi SIBEJI, pentingnya jejaring atau jejaring dalam pengelolaan data itu seperti kita tidak bisa berdiri sendiri atau kita tidak bisa sendirian. “Karena bagi saya, buat apa pegang data tapi tidak terkoneksi, jadi ada hal penting dalam sebuah data itu namanya networking atau jejaring” tegas Jarot Winarno. 

“Tidak ada gunanya data di OPD masing-masing lengkap akurat, tetapi tersembunyi, tidak terkoneksi dalam satu jaringan sehinga keberadaan aplikasi SIBEJI ini sangat penting membuat Kabupaten Sintang memilki bigdata yang akurat, realtime, kemudian terkoneksi ke jejaring jejaring” tambah Bupati Sintang

“Sehingga kita bisa lihat, kalau saya bangun pagi mau tau harga cabe pakak berapa, lalu daging sapi berapa, baru liat data-data yang lain. Saya minta isi aplikasi sibeji ini terus di update, coba lagi. Misalkan ada pembedaan pada harga daging sapi di Pasar Masuka dan Pasar Junjung Buih. Kan harganya beda. Tampilkan, biar masyarakat tahu ”saran Bupati Sintang.

“Pada menu Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu admin dari aplikasi sibeji ini, Masukan data jumlah rumah dinas guru dengan kondisinya. Kalau kondisinya rusak, berapa yang rusak dan yang bagus. Begitu juga data SD, berapa SD yang rusak dan bagus ”tambah Bupati Sintang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang Kurniawan menjelaskan bahwa aplikasi sibeji ini dimulainya langkah nyata Kabupaten Sintang menuju kota pintar kabupaten. “Upaya meningkatkan pelayanan informasi publik yang berkualitas, pemerintahan yang terbuka serta mendorong pemanfaatan teknologi informasi yang lebih maksimal dalam proses pemerintahan dan pembangunan daerah” ujar Kurniawan

“Nama sibeji ini sengaja kita ambil dari nama tokoh sejarah lokal Sintang, yang mudah diingat dan menjadi penguat memori budaya lokal Sintang dalam pembangunan daerah. Aplikasi sibeji ini juga memuat 28 kelompok informasi, juga mengkompilasi seluruh situs web OPD dan instansi vertikal terkait. 

Sampai saat ini sudah ada 22 website OPD dan tujuh website instansi vertikal yang sudah tergabung dalam aplikasi sibeji ”terang Kurniawan.

“Sekarang aplikasi sibeji sudah bisa di unduh atau download di playstore yang ada di handphone android kita” pungkasnya.

Sumber. Prokopim Sintang

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini