-->
    |

Korsel, Jepang, Indonesia Catat Rekor Kenaikan Harian Kasus Covid-19

Seorang anggota staf medis yang mengenakan alat pelindung mengambil sampel dari seorang pengunjung untuk menguji virus corona di stasiun pengujian sementara di luar stasiun kereta api di Seoul pada 16 Desember 2020. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Korea Selatan, Jepang dan Indonesia pada hari Jumat (25/12) mencatat kenaikan harian tertinggi kasus virus corona, sementara gelombang ketiga Covid-19 melanda negara-negara tersebut.

Di Korea Selatan, 70 persen dari 1.200 lebih kasus baru didapati di daerah Seoul, tempat bermukim setengah dari 52 juta penduduk negara itu.

Di Jepang, dengan total 884 kasus dicatat pada hari Jumat (25/12), dan Tokyo merupakan lokasi kasus terbanyak.

Indonesia melaporkan kenaikan harian tertinggi dalam hal kematian, dengan 258 korban dan 7.259 kasus, membuat jumlahnya masing-masing 20.847 kematian dan 700.097 kasus.

Meksiko pada hari Kamis (23/12) menjadi negara Amerika Selatan pertama yang meluncurkan prakarsa vaksinasi Covid-19, memberikan harapan bagi negara yang telah kehilangan lebih dari 120 ribu warganya karena pandemi itu.

Seorang kepala perawat di unit perawatan intensif Rumah Sakit Ruben Lenero di Mexico City menjadi orang pertama yang menerima vaksin Pfizer-BioNTech, sesuai dengan strategi negara itu untuk lebih dulu berfokus pada petugas layanan kesehatan. “Ini adalah hadiah terbaik yang dapat saya terima pada tahun 2020,” kata Ramirez yang berusia 59 tahun itu setelah diimunisasi dalam suatu acara yang ditayangkan media nasional.

Chili akan segera memulai imunisasi terhadap para petugas layanan kesehatan setelah pada hari Kamis (24/12) menerima 10 ribu dosis pertama vaksin Pfizer-BioNTech dari 10 juta dosis yang dipesan, kata para pejabat.

Juga Kamis, Costa Rica bersiap-siap memvaksinasi dua orang lansia di sebuah rumah di dekat San Jose, sementara Argentina menerima sekitar 300 ribu dosis vaksin Sputnik V buatan Rusia.

Dengan lonjakan di berbagai penjuru AS yang menyebabkan 327 ribu kematian akibat Covid-19 dan 18,5 juta kasus virus corona berdasarkan data dari Johns Hopkins University, laju imunisasi yang dapat dilakukan menjadi semakin penting.

California menjadi negara bagian pertama di AS yang mencatat 2 juta kasus virus corona pada hari Kamis.

Iran menyatakan telah mendapat persetujuan AS untuk mentransfer dana untuk membeli vaksin virus corona, kata Gubernur Bank Sentral Iran Abdolnaser Hemmati hari Kamis.

Kantor Kontrol Aset Asing di Departemen Keuangan AS memberi izin bagi transfer 244 juta dolar ke sebuah bank Swiss untuk membayar impor awal 16,8 juta dosis vaksin dari COVAX, suatu kelompok terdiri dari banyak organisasi yang dibentuk untuk memastikan akses ke vaksin yang adil bagi semua negara.

Otoritas AS, Kamis, mengumumkan bahwa penumpang yang tiba dari Inggris harus dinyatakan negatif Covid-19 sebelum keberangkatan mereka, setelah ditemukannya jenis virus corona baru yang lebih menular.

Sementara itu China, Kamis, menjadi negara terkini yang menangguhkan semua perjalanan dengan Inggris.  (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini