-->
    |

Navalny Diinterogasi di Jerman

Politisi oposisi Rusia Alexei Navalny saat ikut serta dalam unjuk rasa di Moskow, Rusia, 29 Februari 2020. (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Tokoh oposisi Rusia Alexei Navalny Kamis menyatakan ia diinterogasi para jaksa Jerman atas permintaan Kantor Kejaksaan Agung Rusia.

Berbicara dalam acara YouTube mingguannya, Navalny mengatakan ia tidak dapat menonton konferensi pers tahunan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang diadakan pada hari yang sama, karena para jaksa Jerman menginterogasinya menyusul permintaan dari para jaksa Rusia.

“Kenyataannya, saya diinterogasi oleh kantor kejaksaan Rusia,” kata Navalny. Ia juga mengatakan para jaksa Jerman membacakan pertanyaan dari daftar yang dikirim para jaksa Rusia.

Ia juga mengatakan setelah konferensi pers bahwa Putin praktis mengukuhkan laporan investigatif yang mendapati bahwa Dinas Keamanan Federal membayanginya selama hampir empat tahun.

Ia juga mengukuhkan bahwa ia berencana kembali ke Rusia dari Jerman untuk melanjutkan perjuangannya melawan Kremlin.

Presiden Rusia Vladimir Putin, Kamis (18/12) menolak tuduhan bahwa Kremlin berada di balik peracunan musuh politik utamanya itu.

Berbicara melalui video dalam konferensi pers maraton tahunannya yang berlangsung 4,5 jam, pemimpin Rusia itu menangkis tuduhan dengan menyatakan bahwa jika Kremlin ingin meracuni Navalny, upaya itu akan berhasil.

Navalny jatuh sakit pada 20 Agustus dalam penerbangan domestik di Rusia dan diterbangkan dalam keadaan koma ke Berlin untuk dirawat dua hari kemudian.

Laboratorium-laboratorium di Jerman, Prancis dan Swedia, dan tes yang dilakukan Organisasi bagi Pelarangan Senjata Kimia, menetapkan bahwa ia terpapar racun saraf Novichok yang dibuat pada era Soviet. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini