-->
    |

PBB Ajukan Permohonan Bantuan $35 Miliar untuk Atasi COVID-19

PBB mengajukan dana bantuan kemanusiaan yang mencapai rekor, $35 miliar, untuk menyelamatkan 165 juta warga dunia di 56 negara yang mengalami krisis. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Kepala kemanusiaan PBB Mark Lowcock menyebut krisis yang mencekam dunia saat ini sebagai salah satu yang paling gelap dan tersuram yang pernah dialami oleh sebagian besar masyarakat internasional.

“Itu mencerminkan fakta bahwa pandemi COVID-19 mendatangkan malapetaka di seluruh negara yang paling rentan dan lemah di dunia. Di situlah berbagai organisasi kemanusiaan paling terlibat dalam tugas sehari-hari,” komentarnya.

Lowcock menjelaskan bencana itu datang di luar konflik-konflik yang terus bertambah dan berlarut-larut serta meningkatnya peristiwa terkait cuaca yang ekstrem termasuk badai, banjir, dan kekeringan akibat perubahan iklim.

“Kedua hal itu, bersama wabah penyakit, menyebabkan peningkatan besar-besaran selama beberapa tahun terakhir dalam jumlah orang yang kemungkinan tidak dapat bertahan hidup, tanpa tersedianya bantuan kemanusiaan,” jelas Lowcock.

Perserikatan Bangsa-Bangsa melaporkan 235 juta orang di seluruh dunia akan membutuhkan perlindungan dan bantuan kemanusiaan pada tahun 2021. Jumlah itu naik 40 persen dalam satu tahun. Keadaan setahun terakhir ini sangat sulit. Jumlah orang yang mengungsi akibat konflik pada tahun 2020, baik sebagai pengungsi maupun mereka yang terpaksa meninggalkan rumah demi keselamatan, telah mencapai rekor tertinggi, 85 juta.

Badan-badan PBB melaporkan lonjakan kelaparan ekstrem secara global di mana beberapa negara dan kawasan berada di ambang kelaparan. Empat negara yang paling berisiko itu adalah Yaman, Burkina Faso, Sudan Selatan, dan bagian utara Nigeria.

Lowcock menegaskan krisis COVID-19 telah menyebabkan jutaan penduduk dunia terjebak dalam kemiskinan dan kebutuhan akan tersedianya bantuan kemanusiaan meningkat tajam. Sementara negara-negara dengan perekonomian yang maju mendapat secercah cahaya di penghujung jalan, Lowcock menyampaikan, hal yang sama tidak berlaku bagi negara-negara termiskin di dunia.

Pimpinan kemanusiaan PBB itu mengimbau para donor internasional bermurah hati sekaligus peduli pada sesama guna melindungi kehidupan mereka yang tidak mampu menghidupi diri sendiri.  (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini