|



Rektor UNU Kalbar: Ini Sejarah Bagi Kita Wisuda Perdana Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19


KUBU RAYA, Kapuasrayatoday.com– Sebanyak 27 Orang Mahasiwa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar ikuti Wisuda yang pertama kali dilakukan oleh Universitas yang berdiri dibawah naungan Nahdlatul Ulama, Wisuda dilakukan setelah satu hari sebelumnya melakukan Prosesi Yusidium di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Jl Arteri Supadio Sungai Raya, Sabtu (05/12/2020).

Hari ini adalah hari bersejarah bagi seluruh Civitas Akademika Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar Mahasiswa dan Orang Tua Mahasiswa karena Hari ini adalah Wisuda Pertama, Sejak awal berdiri Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar terus bertekad untuk menjadikan Universitas Nahdlatul Ulama sebagai wadah pendidikan dalam rangka mengangkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat.

Hal itu disampaikan oleh Rektor UNU Kalbar, DR Rachmat Sahputra, M.Si dalam bisnisnya pada acara Wisuda Pertama UNU Kalbar yang juga dihadiri Ketua Pengurus Besar Nahdlatul (PBNU) bidang Pendidikan Dr H. A Hanief Saha Ghafur, MA. 

Wisuda Perdana Mahasiswa UNU Kalbar selain dihadiri Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Pendidikan, Dr H. A Hanief Saha Ghafur, MA, Gubernur Kalbar yang diwakili Drs Kamaruzzaman, M.Si, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo SE.M, Sos, Pangdam XII / TPR, Polres Kubu Raya, Ketua DPRD Kab Kubu Raya, Drs Agus Sudarmansyah, S.Ipem, Ketua PCNU Kubu Raya, KH Abdussalam, M, Si, Dewan Penyantun UNU Kalbar dan tamu Undangan lainnya.

"Hari ini adalah hari bersejarah bagi Kita semua, Setelah sekian lama kita bersama-sama membangun bersama Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, hari ini pertama kita mewisuda lulusan UNU Kalbar, tentu hal yang perlu kita semua," ungkap Rektor.

Dalam Sambutannya Rektor UNU Kalbar ini berharap terus mendukung serta doa dari semua pihak termasuk Alumni UNU Kalbar yang baru saja di wisuda sebanyak 27 orang wisudawan UNU Kalbar dari 4 Fakultas satu persatu yang melakukan prosesi wisuda.

Gubernur Kalbar yang menyampaikan oleh Sy Kamarauzaman mengapresiasi kemajuan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat sehingga saat ini bisa mewisuda lulusan inspirasi.

Dalam sambutanya Gubernur Kalbar, H Sutarmidji juga menyampaikan 4 hal yang harus dilakukan Universitas Nahdlatul Ulama beserta Alumnusnya dalam hal bersinergis dengan upaya peningkatan IPM Masyarakat Kalimantan Barat.

“Ini adalah bagian dari Strategi Program dalam Upaya Pemprov untuk mendongkrak IPM, Karena Perguruan Tinggi ini mempunyai Prosentase yang cukup tinggi, kita berharap semua Masyarakat di Kalimantan Barat minimal bisa berpendidikan Sarjana sehingga dapat meningkatkan Prosentase IPM Kalbar,” tegas Sy Kamaruzaman.

Gubernur Kalbar berharap dengan lulusan dari Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat ini bisa mengangkat Prosentase IPM Kalbar yang masih berada di peringkat 29 secara Nasional.

“Semoga dengan diwisudanya Alumni UNU Kalbar ini bisa mendorong peningkatan Kwalitas IPM Kalbar di bidang Pendidikan,” Tegas Sy Kamaruzaman.



Sementara itu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Pendidikan, Dr H. A Hanief Saha Ghafur, MA mengatakan PBNU mendukung peningkatan peningkatan Indek Pembangunan Manusia dengan dibuktikan PBNU melalui Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) yang populer di seluruh Indonesia mengawal dan mendorong UNU untuk mendapat Program KIP Mahasiswa.

“Alhamdulillah UNU Kalbar ini lumayan besar mendapat Program tersebut dan ini sangat membantu bagi Mahasiswa, bukan hanya untuk Mahasiswa Strata 1 saja, kami juga mendorong Mahasiswa UNU untuk bisa mendapat Program Pendidikan Starat 2,” terang Dr H. A Hanief Saha Ghafur, MA.

Dr H. A Hanief Saha Ghafur menjelaskan saat ini PBNU melalui UNU juga sedang mendorng para Dosenya untuk menempuh pendidikan Doktoral diberbagai Perguruan Tinggi baik di dalam negeri maupun di luar Negeri.

“Hal ini juga dalam rangka meningkatkan kwalitas keilmuan dan kemampuan para Dosen dalam rangka menciptakan IPM yang lebih baik,” imbuhnya.

Dr H. A Hanief Saha Ghafur mengungkapkan Program KIP Mahasisawa yang diterima oleh Mahasiswa UNU Kalimantan Barat ini juga diberikan kepada Mahasiswa disemua Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Barat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rebuplik Indonesia.

Dr H. A Hanief Saha Ghafur berharap dengan keberadaan UNU Kalbar serta Fasilitas yang diberikanj bisa membuat UNU Kalbar semakin baik dan dapat berkontribusi untuk menciptakan sarjana yang bermanfaat.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati, Sujiwo, SE, M.Sos yang juga menggunakan Wisuda Perdana Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat.

“Kami Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengapresiasi Universitas Nahdlatul Ulama, keberadaan UNU yang berada di wilayah Kabupaten Kubu Raya tentu saja akan bermanfaat dan dirasakan oleh Masyarakat Kubu Raya,” Ujarnya.

Sujiwo mengatakan Pemerintah Kabupaten akan memberikan perhatian guna membantu Universitas Nahdlatul Ulama yang pada saat ini sedang dalam perbaikan baik Insfrastruktur maupun lainnya.

“Saya juga akan berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi dalam upaya membantu akses jalan masuk UNU Kalbar ini dan Alhamdulillah sebagian telah meningkatkan peningkatan fasilitasnya,” Imbuh Sujiwo.

Sujiwo juga menjelaskan dirinya juga berupaya berkomunikasi dengan Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus, S.Sos yang memperjuangkan Rumah Susun (Rusun) untuk Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama yang berasal dari Luar Daerah sehingga bisa bertempat tinggal di Rusun tersebut selama melakukan perkuliahan.


Penulis. Tim liputan

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini