-->
    |

Narablog Vietnam, Pham Chi Dung, Divonis 15 Tahun Penjara

Jurnalis lepas dari Asosiasi Jurnalis Independen Vietnam, Phạm Chí Dũng (kanan),Lê Hữu Minh Tuấn (tengah) dan Nguyen Tuong Thuy (kiri) di pengadilan di Ho Chí Minh City, Vietnam, Selasa, 5 Januari 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com
- Pengadilan Vietnam, Selasa (5/1), memvonis Pham Chi Dung, seorang kritikus pemerintah terkemuka dan kontributor Voice of America (VOA), dengan hukuman 15 tahun penjar a. Dungdidakwa “membuat dan menyebarkan propaganda melawan negara.”

Rekan terdakwa Dung, yaitu jurnalis Nguyen Tuong Thuy dan Le Huu Minh Tuan, masing-masing dijatuhi hukuman 11 tahun penjara. Seorang pengacara mengatakan ketiganya akan menghadapi masa percobaan tiga tahun setelah pembebasan mereka.

Dung yang berusia 55 tahun adalah presiden dan pendiri Asosiasi Jurnalis Independen Vietnam. Didirikan pada 2014, platform ini mengadvokasikan kebebasan berekspresi, kebebasan media, dan demokrasi di negara di mana semua medianya adalah milik negara dan Partai Komunis telah membangun aparat negara ya besar untuk membungkam perbedaan pendapat.

Pihak berwenang memanggil Dung beberapa kali sehubungan dengan asosiasi tersebut sebelum penangkapannya pada 2019.

Nguyen Van Mieng, salah seorang dari dua pengacara yang membela Dung dan Thuy, mengatakan kepada VOA bahwa putusan tersebut keras.

“Ketiga orang ini menunjukkan hak kebebasan pers mereka dan mengadvokasikan demokrasi dan hak asasi manusia, tapi dihukum dengan tuduhan ‘propaganda melawan negara,’” kata Mieng.

Pihak berwenang menuduh mereka mengadvokasikan perubahan rezim politik, kata Mieng, dan menambahkan bahwa ketiganya menolak tuduhan tersebut.

Kelompok hak asasi internasional, termasuk Amnesty International mengatakan putusan itu menggarisbawahi penghinaan pemerintah terhadap media yang bebas, terutama menjelang kongres nasional Partai, yang akan berlangsung bulan ini. (VOA)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini