-->
    |

Desa Rawak Hilir Raih Peringkat 4 IDM Secara Nasional


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Indek Desa Membangun (IDM) yang di canangkan oleh kemetrian desa PDTT telah merampungkan penilaian kriterianya secara nasional.

Di Provinsi Kalimantan Barat tepatnya di kabupaten Sekadau,desa Rawak hilir kecamatan Sekadau Hulu menjadi satu - satunya desa diluar pulau Jawa yang memperoleh peringkat empat desa dengan indek desa membangun terbaik.

Kepala desa Rawak Hilir Abdul Azis mengatakan, untuk mencapai IDM yang baik, kita bekerja harus mengikuti petunjuk dari Permendes, dan PMK serta Pergub maupun Perbup sebagai turunannya,jika itu kita lakukan kata Abdul Azis segala sesuatunya pasti berjalan dengan baik kata Abdul Azis Selasa (10/8) 2021 di Sekadau.

Kita kata dia, membuat program itu harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sebab, untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, terutama di saat pandemi sepertinsekarang ini, masyarakat kita perlu pemberdayaan, seperti kelompok tani, maupun Bumdes yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

Untuk memberdayakan masyarakat sambung Abdul Azis desa Rawak Hilir mengalokasikan angaran sebesar 50 persen dari total angaran desa (ADD + DD) kita kucurkan untuk pembardayaan ketahanan ekonomi masyarakat.

Program yang menyentuh kepentingan masyarakat sambung Azis (sapaan akrab Abdul Azis) seperti penyedian bibit padi, ataupun bibit ikan. Sedangkan untuk meningkatkan hasil panen kita harus menyediakan pupuk, herbisida termasuk pembinaan. Jadi itulah yang kita lakukan untuk pemberdayaan masyarakat ungkap Abdul Ajis.

Dalam penyajian data kata Abdul Azis lagi, data yang kita sampaikan sesuai dengan keadaan yang ada. Jadi data yang kita miliki sangat sesuai dengan keadaan.

Pencapai ini tambah Abdul Azis, semua berkat pembinaan dari pemerintah  daerah kabupaten Sekadau maupun Provinsi Kalbar ungkap Abdul Azis.

Sementara itu, direktur jendral kementrian desa PDTT mengucapkan  terimakasih banyak atas perkenannya berbagi pengalaman dan usaha membangun desa sangat berguna bagi Kemendesa PDTT untuk memperbaiki kebijakan, juga sangat berguna untuk desa-desa lain katanya saat menyampaikan kabar gembira kepada kades Rawak Hilir Abdul Azis.

Kepala dinas pemberdayaan masyarakat (PMD) desa Bayu Harsono  mengucapkan selamat atas keberhasilan desa Rawak Hilir menduduki perungkat 4 nasional dalam pencapaian indeks desa membangun (IDM) tahun 2021.

Selain itu Bayu juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak ; Bupati dan Wakil Bupati, Sekda, para kepala SKPD, Camat, perangkat desa Rawak Hilir dan seluruh masyarakat desa Rawak Hilir yang secara bahu membahu ikut mensukseskan pencapaian IDM peringkat 4 Nasional ungkap Bayu Harsono.

Keberhasilan ini lanjut Bayu Harsono, merupakan muara untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di desa pungkasnya.

Penulis.     Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini