-->
    |


Dewan Keamanan PBB Bertemu untuk Bahas Situasi di Korea Utara


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dalam pertemuan antara anggota Dewan Keamanan PBB dalam Sidang Majelis Umum PBB Ke-76 di New York pada 23 September 2021. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Para anggota Dewan Keamanan PBB, pada Kamis (30/9), dijadwalkan akan bertemu untuk membahas situasi terkini di Korea Utara, demikian seperti disampaikan oleh para diplomat, setelah Pyongyang mengakui telah melakukan uji coba rudal luncur hipersonik terbaru.

Uji coba ini merupakan kemajuan nyata teranyar dalam perkembangan teknologi senjata Korea Utara.

Kantor berita AFP melaporkan pertemuan yang diselenggarakan atas permintaan Amerika Serikat (AS), Inggris dan Prancis itu diperkirakan akan berlangsung secara tertutup.

Sementara itu pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dilaporkan mengecam tawaran dialog yang disampaikan oleh AS sebagai tawaran palsu dan menuduh pemerintahan Joe Biden melanjutkan kebijakan yang bermusuhan terhadap negaranya.

Pembicaraan antara Pyongyang dan Washington sebagian besar terhenti sejak ambruknya Konferensi antar kedua negara di Hanoi di mana saat itu Kim Jong Un dan Presiden Donald Trump bertemu untuk membahas mengenai keringanan sanksi terhadap Korea Utara dan apa yang bersedia dilakukan oleh Korea Utara sebagai imbalan atas keringanan tersebut.Dalam beberapa bulan terakhir, Amerika telah berulang kali menawarkan untuk bertemu dengan perwakilan Korea Utara di mana saja, kapan saja, tanpa prasyarat, sambil mengatakan akan terus mengupayakan denuklirisasi.

Tetapi Kim mengutuk deklarasi itu "tidak lebih dari topeng belaka untuk menutupi penipuan dan tindakan permusuhan dan perpanjangan kebijakan permusuhan dari pemerintahan masa lalu", demikian dilaporkan oleh Rodong Sinmun, surat kabar resmi Korea Utara. (VOA)






Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini