|



Kapolda Kalbar Hadiri Launching Aplikasi Asap Digital Nasional Secara Virtual


 Pontianak,Kapuasrayatoday.com  - Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto hadiri Launching Aplikasi Sistem Analisis Pencegahan atau (ASAP Digital Nasional) secara Virtual, Rabu (15/9).

ASAP DIGITAL merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo terkait penanganan karhutla secara cepat, tepat, profesional dan permanen, yang ditindak lanjuti oleh Kapolri. Dengan pencanangan Aplikasi Asap Digital untuk memudahkan pemantauan titik api di wilayah rawan kebakaran di seluruh Indonesia.

Polri bersama PT Telkom Indonesia, perusahaan-perusahaan di bidang perkebunan serta dinas terkait ini bekerja sama menginstal serta memaintenance peralatan aplikasi “ASAP DIGITAL” yang terpasang di BTS menara/Tower milik PT Telkomsel untuk memonitor daerah dengan radius 4 Km.

Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Kalbar Kompol Supriyadi mengatakan, Aplikasi ini berfungsi untuk merekam aktivitas yang menjadi jangkauan BTS yang terpasang pda aplikasi, sehingga memudahkan Satgas Karhutla untuk berpatroli dan memadamkan api yang kecil sehingga tidak membesar.

Hot Spot/titik panas yang terdeteksi oleh satelit. Dengan menggunakan Aplikasi “ASAP DIGITAL” ini dapat mengetahui siapa saja yang berada di lokasi titik api dan juga dapat memastikan apakah titik api itu merupakan kebakaran hutan dan lahan atau hanya sekedar pancaran panas.

“Aplikasi ASAP DIGITAL ini sangat membantu dalam pencegahan penanggulanagn dan penegakan hukum tindak pidana karhutla di Provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya.

Aplikasi “ASAP DIGITAL NASIONAL” yang diluncurkan oleh Mabes Polri ini juga turut disaksikan oleh Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan, Kapok Sahli Pangdam XII/Tpr, Brigjen TNI Handoko Nurseta, Kajati Prov. Kalbar yang diwakili oleh Fungsional Pidum Dedy Gunawan, Kadis LHK Prov. Kalbar, Adi Yani, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Florentinus Anum, Kabid Sarpras Dan Perlindungan Perkebunan, Cahaya Dewi, Kepala BPBD Prov. Kalbar, Christianus Lumano, Manager Busines Service Telkom Kalbar, Dwi Hariyanto serta PJU Polda Kalbar dari ruang Graha Khatulistiwa Polda Kalbar.


Penulis : Aipda Dwi Priyono(hms)

Editorn.   Sudarno




Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini