-->
    |

Pemimpin Pemberontakan Shining Path di Peru Wafat karena Sakit

Pemimpin kelompok pemberontak Shining Path, Abimael Guzman, mengikuti persidangan di penjara Ancon di Callao, Peru, 2018.(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com -  Pemerintah Peru mengatakan Abimael Guzmán, pemimpin pemberontakan Shining Path di Peru yang ditangkap pada 1992, telah meninggal dunia di sebuah rumah sakit militer karena sakit.

Menteri Kehakiman Aníbal Torres mengatakan Guzmán, 86 tahun, meninggal pada pukul 6.40 pagi waktu setempat, Sabtu (11/9), setelah mengalami infeksi.

Guzmán, mantan profesor filsafat, melancarkan pemberontakan melawan negara pada 1980 dan memimpin banyak pengeboman dan pembunuhan bertahun-tahun setelahnya.

Dia ditangkap pada 1992 dan divonis hukuman seumur hidup karena melakukan terorisme dan kejahatan lain.

Presiden Pedro Castillo mencuit bahwa Guzmán bertanggung jawab atas jatuhnya banyak korban jiwa.

"Posisi kami dalam mengecam terorisme tetap tegas dan tak berubah. Hanya dengan demokrasi kita bisa membangun Peru yang adil dan berkembang bagi rakyat," ujar Castillo.

Shining Path makin lemah setelah Guzmán ditangkap dan kemudian dia menyerukan perundingan perdamaian. Beberapa kelompok pemberontak kecil masih tetap aktif di lembah-lembah terpencil, memproduksi kokain dan melindungi penyelundup narkoba.(VOA)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini