-->
    |


Jenderal Tinggi Iran Kunjungi Baghdad pasca Serangan terhadap PM Irak

Jenderal Esmail Ghaani, komandan tertinggi pasukan Quds Iran (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Seorang jenderal tinggi Iran, Esmail Ghaani, mengunjungi Baghdad setelah terjadinya percobaan pembunuhan terhadap perdana menteri Irak. Jenderal Ghaani mengatakan Teheran dan sekutu-sekutunya tidak ada kaitannya dengan serangan drone yang menyebabkan pemimpin Irak itu cedera ringan, kata dua politisi Irak pada Senin (8/11).

Berita kunjungan itu muncul ketika seorang jenderal angkatan bersenjata Irak mengatakan penyelidikan atas serangan drone yang menarget PM Mustafa al-Kadhimi itu masih berjalan. Tapi berbagai indikasi mengarah pada faksi-faksi yang didukung Iran.

Jenderal Irak itu hari Senin (8/11) mengatakan beberapa drone yang digunakan dalam serangan itu lepas landas dari wilayah di sebelah timur ibukota, di mana milisi-milisi yang didukung Iran memiliki pengaruh.Serangan drone itu mirip dengan serangan yang pernah dilancarkan di masa lalu oleh faksi-faksi yang didukung Iran di Irak. Pada September, misalnya, drone-drone berlapis bom menarget Bandara Internasional Erbil di sebelah utara negara itu, dimana pasukan koalisi yang dipimpin AS ditempatkan, kata jenderal tersebut kepada media.

Kedua politisi Muslim Syiah itu meminta identitas mereka dirahasiakan karena kunjungan Esmail Ghaani itu tidak diumumkan secara terbuka. Mereka mengutip jenderal Iran itu yang mengatakan Teheran tidak menentang politisi manapun yang terpilih dalam pemilu parlemen untuk menjadi perdana menteri berikutnya.

Ghaani adalah komandan Pasukan Quds Iran, yang bertanggung jawab atas operasi militer dan rahasia di luar negeri.(VOA)





Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini