-->
    |

Biden Kunjungi Kota Kentucky yang Hancur oleh Tornado

Presiden AS Joe Biden (bertopi) mengunjungi kota Mayfield, Kentucky pasca dilanda tornado, hari Rabu (15/12).(Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Presiden AS Joe Biden hari Rabu (15/12), mengunjungi negara bagian Kentucky untuk melihat langsung kehancuran yang ditimbulkan oleh serangkaian tornado yang menewaskan sedikitnya 74 orang dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Biden mendapat pengarahan mengenai upaya pemulihan dari badai yang melanda Kentucky dan negara bagian tetangganya, Jumat malam dan Sabtu pagi. Ia terbang di atas dua kota - Mayfield dan Dawson Springs - yang diratakan oleh tornado dan kemudian berjalan di sepanjang jalan yang dipenuhi puing-puing untuk menyampaikan simpati kepada korban yang selamat.

Presiden telah menjanjikan dana federal yang cepat untuk membantu masyarakat membangun kembali, tetapi dengan kehancuran yang begitu luas, upaya tersebut akan sama saja dengan membangun kota-kota baru.Gubernur Kentucky Andy Beshear, Selasa mengatakan 100 orang lebih belum ditemukan di negara bagian itu, kebanyakan di Dawson Springs, sebuah kota berpenduduk kurang dari 3.000 orang.

Di atas pesawat Air Force One dalam perjalanan ke Kentucky, juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan mengatakan, “Pesan presiden hari ini adalah ia dan pemerintah federal berniat melakukan apa pun yang diperlukan dengan memberikan setiap dukungan yang diperlukan untuk membantu upaya pemulihan dan mendukung warga Kentucky dan negara bagian lain yang terkena dampak saat mereka membangun kembali.”

Biden telah menyetujui deklarasi bencana federal untuk Kentucky dan negara bagian tetangganya Tennessee dan Illinois setelah badai membawa 30 tornado di lima negara bagian. Sedikitnya total 88 orang tewas.

Perjalanan Biden ke Kentucky itu adalah yang kelima kalinya selama 11 bulan sebagai presiden untuk melihat kehancuran akibat cuaca ekstrem yang setidaknya, sebagian disebabkan oleh perubahan iklim.

Hanya sebulan setelah menjabat Januari lalu, presiden meninjau kerusakan akibat badai yang meluas di Houston, Texas; mengunjungi daerah yang dilanda kebakaran hutan di Idaho, Colorado dan California di musim panas dan setelah Badai Ida melanda, menuju Louisiana di AS selatan, serta New Jersey dan New York, pada bulan September.(VOA)




Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini