-->
    |

Rusia Usir Dua Diplomat Jerman Sebagai Langkah Balasan atas Pengusiran Diplomatnya


Para pekerja tampak berdiri di atas atap dari kantor kedutaan Jerman di Moskow, Rusia, saat berusaha membetulkan spanduk yang terpasang di gedung kantor tersbeut pada 29 Maret 2018. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Rusia mengusir dua diplomat Jerman pada Senin (20/12) sebagai tanggapan terhadap pengusiran dua diplomat Rusia oleh pihak Jerman pada minggu lalu.

Pertikaian di antara kedua negara dimulai ketika pengadilan Jerman minggu lalu menyatakan Rusia telah memerintahkan pembunuhan mantan militan Chechnya Zelimkhan “Tornike” Khangoshvili di Berlin pada 2019.Pengadilan Jerman telah menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap Vadim Krasikov, seorang warga Rusia atas tuduhan pembunuhan . Pembunuhan itu digambarkan pengadilan sebagai “pelanggaran serius atas hukum Jerman dan kedaulatan Republik Federal Jerman.”

Setelah vonis tersebut, Rusia menyebut tuduhan keterlibatan Rusia itu sebagai tuduhan yang konyol.

Kementerian Luar Negeri Rusia memanggil duta besar Jerman untuk mengumumkan pengusiran tersebut.Pejabat Rusia menyebut langkah itu sebagai tindakan timbal balik, kata Kementerian Luar Negeri Jerman.

“Langkah (yang diambil pemerintah Rusia) tersebut tidak mengejutkan, tetapi (langkah itu) sama sekali tidak beralasan (jika dilihat dari) dari sisi pemerintah federal,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Jerman. “Keputusan Kementerian Luar Negeri Rusia ini menyebabkan ketegangan baru dalam hubungan kedua negara.”(VOA)








Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini