-->
    |


Korea Selatan: Seorang Tak Dikenal Melintasi Perbatasan Menuju Korea Utara

Tentara Korea Selatan dan AS berjaga di zona demiliterisasi di Panmunjom, Korea Selatan, yang merupakan wilayah perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara, pada 16 September 2020. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Pihak militer Korea Selatan mengatakan seorang yang tak dikenal telah menyeberangi perbatasan yang dijaga ketat, dan memasuki wilayah Korea Utara.

Orang itu sebelumnya terpantau lewat perangkat pengintai di bagian timur perbatasan, yang dijuluki Zona Demiliterisasi, tapi terhindar dari penangkapan oleh tentara Korsel pada Sabtu (1/1) malam.

Perangkat pengintai itu kemudian mendeteksi orang tersebut menyeberangi area perbatasan, kata para pejabat Kepala Staf Gabungan.Korsel mengirim pesan kepada Korut pada Minggu (2/1) untuk menjamin keamanan orang tersebut, tapi Korut belum merespon, kata para pejabat yang meminta identitasnya dirahasiakan itu.

elum jelas apakah itu merupakan kasus seorang warga Korsel yang ingin membangkang dan pindah ke Korut. Atau itu bisa jadi seorang warga Korut yang memasuki wilayah Korsel sebentar dan kembali lagi ke Korut.Pada September 2020, Korut menembak mati seorang pejabat perikanan Korsel yang ditemukan mengambang di perairannya di perbatasan laut yang tidak jelas batas-batasnya.

Korsel telah mengatakan bahwa para tentara Korut mendapat perintah untuk menembak siapapun yang menyeberangi perbatasannya secara ilegal untuk melindungi wilayahnya dari virus corona.(VOA)







Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini