|



India Akui 'Tak Sengaja' Tembakkan Misil ke Wilayah Pakistan

Peluncur misil "BrahMos" dipamerkan dalam parade peringatan Hari Angkatan Bersenjata India di New Delhi (foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com -  India hari Jumat (11/3) memberi konfirmasi tentang penembakan misil secara tidak disengaja ke dalam wilayah negara pesaingnya Pakistan, serta menyebut insiden itu sebagai "sangat disesalkan".

Konfirmasi datang lebih dari sehari setelah militer Pakistan mengatakan, sebuah misil supersonik tanpa muatan amunisi telah jatuh ke dalam wilayahnya Rabu (9/3) malam, merusak properti warga sipil tetapi tidak menimbulkan korban jiwa.

Pejabat Pakistan menuntut penjelasan dari New Delhi atas tindakan tidak bertanggung jawab serta bisa mengancam keamanan kawasan tersebut.Sebuah pernyataan resmi India Jumat menjelaskan bahwa ketika sedang melakukan pemeliharaan rutin, sebuah malfungsi teknis telah mengakibatkan penembakan secara tidak sengaja misil itu. Ditambahkan bahwa pemerintah India telah meninjau secara serius dan memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi terhadap insiden ini.

“Diketahui bahwa misil itu jatuh di wilayah Pakistan,” kata pernyataan itu. “Sementara insiden ini sangat disesalkan, juga ada perasaan lega bahwa tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini.”

enasihat Keamanan Nasional Pakistan Moeed Yusuf segera mengajukan pertanyaan dan mengecam pernyataan India itu.

Dalam sebuah pernyataan Islamabad mengatakan bahwa butuh lebih dari dua hari bagi New Delhi untuk mengakui bahwa ini adalah misil mereka yang diluncurkan secara tidak sengaja akibat malfungsi teknis selama pemeliharaan rutin.

“Dunia harus memperlakukan insiden ini secara mendesak, kepekaan dan keprihatinan yang sesuai,” demikian tuntutan Yusuf.

Selain itu New Delhi harus menyelidiki untuk menyimpulkan bahwa ini merupakan sebuah peluncuran tidak disengaja atau ada motif tertentu di belakangnya.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini