-->
    |

Tentara Rusia Berhasil Rebut PLTN Terbesar di Eropa Zaporizhzhia

Rekaman kamera pengintai menunjukkan pendaratan suar di PLTN Zaporizhzhia, Ukraina 4 Maret 2022, dalam tangkapan layar (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com -  Pasukan militer Rusia telah menguasai area pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) terbesar di Eropa, Zaporizhzhia, yang terletak di di tenggara Ukraina, kata pemerintah negara bagian itu, Jumat (4/3).

"Petugas operasional sedang memantau kondisi unit daya pada PLTN," katanya di media sosial, mengutip inspektorat nuklir Ukraina.

Ia mengatakan upaya tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa PLTN beroperasi sejalan dengan persyaratan keselamatan.

Ukraina mengatakan pasukan Rusia menyerang pabrik pada Jumat (4/3) dini hari, membakar fasilitas pelatihan lima lantai yang berdekatan.

Menteri Energi AS Jennifer Granholm mengatakan pada Kamis (3/3) bahwa reaktor di pembangkit listrik Zaporizhzhia "dilindungi oleh struktur penahan yang kuat dan reaktor sedang ditutup dengan aman.”

Reuters mengutip Granholm di Twitter melaporkan bahwa ia telah berbicara dengan Menteri Energi Ukraina tentang situasi di PLTN. Dia mengatakan tidak ditemukan radiasi yang tinggi di dekat fasilitas itu.

Sementara itu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin membahayakan seluruh Eropa pada Jumat, setelah memerintahkan pasukan Rusia menyerang PLTN di Ukraina.

"Perdana Menteri mengatakan tindakan sembrono Presiden Putin sekarang dapat secara langsung mengancam keselamatan seluruh Eropa," menurut pernyataan Downing Street, menambahkan bahwa Johnson akan mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB dalam beberapa jam mendatang, sebagaimana dikutip dari AFP.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini