-->
    |

Kanada Larang Huawei Tech Masuki Jaringan 5G

Seorang petugas keamanan tampak berjaga di dekat stan Huawei dalam sebuah ekshibisi di Beijing, China, pada 28 Spetember 2021. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Pemerintah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah memutuskan untuk melarang perusahaan teknologi Huawei asal China memasuki jaringan seluler 5G di negara tersebut.

“Hari ini kami mengumumkan niat kami untuk melarang penyertaan produk dan layanan Huawei dan ZTE dalam sistem telekomunikasi Kanada. Hal ini dilakukan setelah diadakan tinjauan lengkap oleh badan keamanan kami dan setelah kami berkonsultasi dengan sekutu-sekutu terdekat kami," kata Menteri Perindustrian Kanada Fran├žois-Philippe Champagne.Kami akan selalu melindungi keselamatan dan keamanan warga Kanada dan akan mengambil tindakan apa pun yang diperlukan untuk menjamin keamanan infrastruktur telekomunikasi kami."

Pengembangan jaringan 5G, atau generasi kelima, akan memungkinkan koneksi daring yang lebih cepat dan menyediakan kapasitas data yang besar untuk memenuhi permintaan yang semakin besar karena semakin banyak hal yang terhubung ke Internet dan berkembangnya inovasi seperti realitas virtual, permainan imersif dan kendaraan otonom.

Amerika Serikat telah lama menekan pemerintahan Trudeau untuk melarang peran Huawei dalam pembangunan infrastruktur 5G negara itu, untuk mencegah kemungkinan China memata-matai warga Kanada dengan lebih mudah.Huawei adalah pemasok global terbesar peralatan jaringan untuk perusahaan telepon dan Internet. Huawei telah menjadi simbol kemajuan China dalam upaya menjadi kekuatan dunia teknologi – dan menjadi subjek masalah keamanan dan penegakan hukum Amerika.

Sebagian analis mengatakan perusahaan China itu telah melanggar aturan dan norma internasional dan mencuri teknologi.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini