-->
    |


Pengunjung Tempat Wisata Pancur Aji Mencapai Ribuan Orang

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
Pengunjung Tempat Wisata Alam Pancur Aji ramai di hari lebaran. Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau Libertus Toto menyampaikan capaian seribuan orang pengunjung per hari selama sepekan terakhir dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Sabtu dan Minggu puncak pengunjung. Selasa (10/5/2022)

“Dari sisi pendapatan, nominalnya juga cukup baik. Artinya, lokasi wisata alam secara khusus Pancur Aji mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat. Ramainya pengunjung pengelola mau tidak mau memperketat protokol kesehatan. Pihak dari kepolisian juga ikut melakukan  pemantauan di lokasi Pancur Aji untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” Tuturnya 

Toto mengatakan pada saat hari pertama lebaran jumlah pengunjung terbilang masih sedikit sekira 381 orang. Kemudian di hari kedua 1.207 orang. Pada hari ketiga 1.270 orang, hari keempat 1.824, hari kelima 1.041 orang, hari keenam 1.214 orang dan hari ketujuh 1.433 orang. “Total dalam sepekan mencapai 8.370 pengunjung,” 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau Libertus Toto Martono mengatakan objek wisata alam Pancur Aji menjadi salah satu destinasi andalan di Kabupaten Sanggau.

“Di masa liburan kemarin yang dimulai hari pertama lebaran hingga tanggal 8 mei 2022, rata-rata pengunjung perhari mencapai seribuan orang,” ucap Toto, 

Salah satu pengunjung Mat Naji mengatakan daerah di Kalimantan mempunyai satu destinasi wisata air terjun menarik yang bisa kamu kunjungi, yaitu air tejun pancur aji yang ada di Kabupaten Sanggau. Air mancur ini terdiri dari tiga undakan, ketinggian tiga air terjun di kawasan ini hanya sekitar empat sampai lima meter. Namun derasnya air dari masing-masing ketinggiannya memberikan sensasi segar, memang curah airnya tidak terlalu deras, tapi cukup untuk menyegarkan bandan.

Konon katanya lokasi ini merupakan persembunyian dari bujang Melaka membentengi diri dari kerajaan musuh. Walaupun lokasinya berada di ujung kota, Pancur Aji tetap ramai dikunjungi wisatawan dalam maupun luar Sanggau. Pada bagian atas bukit Pancur Aji ini sempat ditemukan sisa-sisa banteng yang terbentang pada dataran bukit. Di bagian belakang benteng tersebut ada pula galian yang berukuran cukup dalam, diperkirakan galian tersebut adalah tempat untuk penyimpanan perbekalan zaman dahulu. Tutur Mat Naji

Pemandangan air terjun yang masih sangat alami , udaranya masih sangat segar karena jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan jauh dari polusi. Dinginnya air pegunungan gemericik air dan suara alam kental dan suasana yang masih alami yang bisa Anda rasakan disini. Pemandngan yang segar ini akan membuat betah berlama-lama di air terjun Pancur Aji.

Karena masih banyak, flora dan fauna di kawasan air terjun ini masih sangat baik, Anda akan mudah menemukan pohon tengkawang disini yang merupakan tumbuhan dalam kategori langka dan sulit ditemukan. Saat berjalan melalui area perhutanan kamu jika beruntung kamu bisa melihat seperti orang hutan, rusa, dan berbagai jenis fauna lainnya, tapi jangan khawatir hewan-hewan tersebut sudah dikandangkan dengan baik. Katanya

Saat akhir pekan seperti wisata ini akan lebih ramai lagi, tampak sejumlah masyarakat Sanggau maupun warga luar Sanggau berlibur disini. Dari kalangan anak-anak hingga dewasa juga tampak sedang menikmati suasana di Pancur Aji. Bagian bawah air terjun juga bisa kamu gunakan untuk mandi segar bersama rombongan.

Untuk sampai di Lokasi Air Terjun kamu harus melewati perjalanan yang lumayan melelahkan, setidaknya ada 100 anak tangga yang harus dilewati agar sampai. Harus mempersiapkan stamina yang segar dan perbekalan yang cukup bisa membantumu di perjalanan. (Cep)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini