-->
    |


Pria California Didakwa dengan Percobaan Pembunuhan terhadap Hakim Agung

Sejumlah warga tampak berkumpul melaksanakan protes di luar rumah hakim Mahkamah Agung AS Brett Kavanaugh di Chevy Chase, Maryland, pada 13 September 2021. (Foto: VOA)

Kapuasrayatoday.com - Seorang pria asal California didakwa dengan percobaan pembunuhan terhadap Hakim Agung Amerika Serikat, Brett Kavanaugh.

Pihak berwenang mengatakan bahwa pria tersebut yang diketahui bernama Nicholas John Roske, 26, ditangkap di dekat rumah Kavanaugh di Maryland, di luar Washington pada Rabu (8/6) pagi.Menurut dokumen pengadilan yang diajukan oleh jaksa federal, Roske terlihat oleh dua polisi AS yang menjaga rumah Kavanaugh, setelah Roske tiba dengan taksi. Roske kemudian menelepon nomer darurat dan memberi tahu bahwa ia berpikiran untuk bunuh diri dan berencana membunuh Kavanaugh. Ia masih berbicara di telepon dengan operator ketika ditangkap.

Dokumen itu mengatakan, Roske membawa koper dan ransel yang berisi pistol, amunisi, pisau, semprotan cabe, pita perekat tebal, plastik pengikat dan barang-barang lainnya.

Roske secara resmi didakwa di ruang sidang federal beberapa jam setelah ia ditangkap.Ia mengatakan kepada polisi, ia marah atas kemungkinan langkah pengadilan untuk membatalkan Roe v. Wade, putusan pengadilan tahun 1973 yang mensahkan aborsi. Ia juga marah atas rangkaian penembakan massal yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Jaksa Agung AS Merrick Garland mengatakan kepada wartawan pada Rabu, bahwa "ancaman kekerasan, dan kekerasan yang sebenarnya terhadap" para hakim "menyerang jantung demokrasi kita. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mencegah mereka dan meminta pertanggungjawaban orang-orang yang melakukannya."(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini