-->
    |



Biden Sampaikan Tanggapan Keras Soal Iran Saat Memulai Kunjungan ke Timur Tengah


Presiden AS Joe Biden berbicara dalam acara penyambutan kedatangannya di Bandara Ben Gurion di Tel Aviv, Israel, pada 13 Juli 2022. (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Rabu (13/7), mengawali kunjungan pertamanya ke Timur Tengah sejak menjabat dengan mengungapkan tekadnya untuk menghentikan program nuklir Iran yang tengah berkembang seraya berusaha menenangkan para pemimpin Israel yang cemas akan program yang dijalankan oleh negara pesaingnya itu. Biden mengatakan ia bersedia menggunakan kekuatan sebagai "upaya terakhir" untuk menghentikan program tersebut.

Komentar presiden tersebut disampaikan dalam sebuah wawancara dengan Channel 12 Israel yang direkam sebelum ia pergi meninggalkan Washington dan disiarkan pada Rabu, beberapa jam setelah para pemimpin politik Israel menyambut kedatangan Biden dengan karpet merah di bandara Tel Aviv.Satu-satunya hal yang lebih buruk dari Iran yang ada sekarang, adalah Iran yang bersenjata nuklir," kata Biden. Ketika ditanya tentang penggunaan kekuatan militer untuk melawan Iran, Biden mengatakan, "Jika itu adalah pilihan terakhir (untuk menghentikan Iran), maka ya (saya akan melakukannnya)."

Israel, yang merupakan sekutu AS, menganggap Iran sebagai musuh terbesarnya, merujuk pada program nuklirnya serta seruan Iran untuk penghancuran Israel dan dukungan yang ditunjukkan oleh negara itu terhadap kelompok-kelompok militan yang agresif di seluruh wilayah Timur Tengah

AS dan Israel, pada Kamis (14/7), diperkirakan akan mengumumkan deklarasi bersama yang memperkuat hubungan erat di sektor militer dan memperkuat seruan di masa lalu untuk mengambil tindakan militer guna menghentikan program nuklir Iran.

Sebelum Biden tiba di Tel Aviv, seorang pejabat senior Israel mengatakan bahwa kedua negara akan berkomitmen untuk "menggunakan semua elemen kekuatan nasionalnya untuk melawan ancaman nuklir Iran." Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim sambil menunggu keterangan resmi dari pernyataan tersebut.Ketika menyambut kedatangan Biden, para pemimpin Israel menegaskan program nuklir Iran merupakan prioritas utama dalam agenda mereka.

"Kita akan membahas perlunya memperbaharui koalisi global yang kuat yang akan menghentikan program nuklir Iran," kata Perdana Menteri Israel Yair Lapid, ketika ia menyambut Biden, presiden dari Partai Demokrat, di Tel Aviv.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini