|



Danrem 121/Abw Brigjend TNI Pribadi Jatmiko Pimpin Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana

Foto: Danrem 121/Abw Brigjend TNI Pribadi Jatmiko Pimpin Pelaksanaan Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana di Kodim 1204/Sgu TA. 2022

Sanggau.Kapuasrayatoday.com-
Guna mengantisipasi terjadinya bencana, maka beberapa langkah yang telah ditempuh Oleh Pihak Terkait yaitu dengan Sosialisasi penanggulangan bencana yang dilakukan oleh Korem 121/Abw Tanjungpura. Senin (22/08/2022)


Mengoptimalkan peran satgas penanggulangan bencana alam,
Pembangunan talud-talud penahan tanah di wilayah bahaya tanah longsor,
Normalisasi saluran dan perbaikan tanggul-tanggul penahan banjir,
Pembuatan sumur tandon air untuk darurat kebakaran. Tutur Danrem

Lanjutnya dengan Rehabilitasi hutan dan penghijauan lingkungan,Meningkatkan koordinasi antar instansi, melalui penyelenggaraan Rakor di setiap perubahan musim dan upaya tindakan menyatu dalam antisipasi kemungkinan bencana yang timbul.

Pelatihan penanggulangan bencana alam dalam hal Peningkatan kemampuan masyarakat wilayah rawan bencana melalui simulasi/gladi; dan Peningkatan kesiapsiagaan mulai dari kelompok masyarakat sampai pada kelembagaan / organisasi penanganan bencana. Pesannya 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Sanggau Paulus Hadi S.Ip M.Si, Kasi Intel Korem 121/Abw Kolonel Inf Fadjar Moch.Syafrudin, S.sos, Kasi OPS Korem 121/ Abw Kolonel Inf Iwan Purbantoro, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama, Danyonif 642/Kps Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Dandenpom XII/1 Stg Mayor CPM Raindy Pradono Sugito,Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.ik, Danki B 642/Kps Lettu Inf Fian Parman S.tr, Dansub CPM/Sgu Lettu Santoso, Kejari Sanggau Dr.Anton Rudiyanto, SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Haklainul Dunggio, SH MH,Kabalak Jajaran Korem 121/ Abw, serta Forkopimda Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya Danrem 121/Abw yang sekaligus meresmikan Pembukaan Latihan mengatakan Penyelenggaraan latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 121/Abw adalah merupakan salah satu program kegiatan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan prajurit maupun satuan dalam mengantisipasi bahaya bencana alam. Adapun sasaran yang harus dicapai dari kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini adalah terwujudnya suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerja sama terpadu yang efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penanggulangan Bencana Alam, yang dapat digunakan sewaktu-waktu, ucapnya.

Oleh karenanya, kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini jangan hanya dipandang sekedar melaksanakan program rutin semata, tetapi latihan ini harus dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk bertindak dan berbuat, sekaligus gambaran langkah apa saja yang harus dilaksanakan di lapangan apabila terjadi bencana alam, lanjutnya.

Selain itu Danrem juga menyatakan Perlu kita ketahui bencana alam dapat timbul dimana saja secara mendadak, hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam. Para prajurit harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan menyiapkan diri dalam menghadapi tugas ditanggap darurat dalam mengatasi setiap bencana alam yang terjadi di wilayah.

Sebagai upaya penanggulangan bencana alam di wilayah jajaran Korem 121/Abw ini harus dilakukan secara terpadu, terkoordinasi dan terencana, baik dengan pemerintah maupun dengan masyarakat, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang terjadi di wilayah, seperti bencana alam yang kerap terjadi belakangan ini seperti banjir, evakuasi korban ataupun bantuan kemanusiaan lainnya, terangnya.

Pada kesempatan ini saya juga menekankan bagi pelaku Latihan, saya berpesan agar serius dan semangat di dalam mengikuti kegiatan latihan, sehingga bisa dijadikan sebagai bekal berharga dalam pelaksanaan tugas di lapangan. Jadikan setiap koreksi dan masukan sampaikan oleh Penyelenggara sebagai yang di pendorong untuk senantiasa berupaya meningkatkan kinerja, baik dalam kapasitas sebagai individu sesuai jabatan maupun kinerja kita sebagai suatu kesatuan. Dengan akan dilaksanakannya latihan ini, saya berpesan kepada semua unsur yang terkait dalam Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini, baik yang bertindak sebagai pelaku, penyelenggara maupun pendukung latihan akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga untuk meningkatkan kualitas personil di dalam penanganan bencana alam banjir, ujarnya.

Demikian juga bagi penyelenggara Latihan, saya berharap agar penyelenggaraan Latihan Penanggulangan Bencana Alam ini dijadikan sarana untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di bidang penyelenggaraan latihan. Kekurangan-kekurangan yang akan di temukan nanti dalam naskah Latihan, tutupnya.

Danrem 121/Abw Brigjend TNI Pribadi Jatmiko memimpin pelaksanaan Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Kodim 1204/Sgu TA. 2022, Bertempat di Makodim 1204/Sanggau Jalan Padi no.1 Kelurahan Tanjung Kapuas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau. (Cep)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini