-->
    |



5 Resep Olahan Ikan Mas, Enak dan Gampang!

 

Sumber gambar: https://www.blibli.com/amp/p/ikan-mas-bumbu-kuning-1-kg/is--OZJ-70002-00174-00001

Ikan menjadi opsi yang tepat ketika Anda bosan makan ayam atau daging. Agar menu ikan tidak membosankan, Anda bisa mengolahnya sebagai sup, goreng, bakar, bumbu kuning, hingga presmol.

Kelebihan lainnya, beberapa jenis ikan juga dijajakan dengan harga yang cenderung lebih terjangkau.

Salah satu ikan tawar yang murah dan mudah didapatkan adalah ikan mas. Untuk harga ikan mas 1 kg, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp30.000 saja di Blibli.

Uniknya lagi, Blibli juga menawarkan beberapa opsi pilihan ikan mas segar yang masih hidup dengan garansi tertentu. Tak jarang, Blibli juga sering mengadakan promo pembelian ikan mas dengan diskon yang variatif.

Jadi, tidak perlu bingung mencari ikan mas segar lagi, silakan langsung kunjungi Blibli dan intip resep olahan ikan mas yang enak di bawah ini, ya!

5 Resep Olahan Ikan Mas yang Enak dan Gampang

Setidaknya ada lima resep yang bisa dicoba ketika ingin masak ikan mas. Cara memasaknya pun mudah dan bumbunya gampang ditemukan di dapur. Penasaran? Yuk, langsung simak!

  1. Ikan Mas Cobek

 Ini resep paling simpel. Anda hanya membutuhkan kencur, jahe, bawang merah, cabe keriting, cabe rawit, garam, gula, jeruk nipis, dan air panas. Pertama, silakan bersihkan dulu ikan masnya dan balur dengan jeruk nipis. Lalu, buatlah sambalnya dengan menghaluskan jahe, kencur, bawang, cabai. Jangan lupa tambahkan garam dan gula.

Kembali lagi ke ikan yang sudah dibersihkan tadi, sekarang goreng ikannya. Setelah matang, angkat dan tiriskan ikannya. Terakhir, balur ikan goreng tadi dengan bumbu sambal yang sudah dihaluskan.

  1. Pesmol Ikan Mas

Sumber gambar: https://www.blibli.com/p/pesmol-ikan-nila-hitam-ikan-mujaer/ps--OZJ-70002-00232?pickupPointCode=PP-3237414

Pesmol menjadi salah satu menu favorit. Untuk membuat pesmol ikan mas juga tergolong mudah. Setelah ikan dibersihkan, balur ikan tersebut dengan jeruk nipis dan beri sedikit garam. Kemudian, diamkan selama 20 menit di suhu ruang hingga meresap. Lalu, goreng ikan tersebut hingga matang.

Sekarang mulai olah bumbunya dengan memanaskan minyak. Lalu, masukkan daun jeruk, salam, sereh, dan bumbu halus.

Langkah selanjutnya, beri asam jawa dan air. Tunggu sampai mendidih, dan masukkan ikan masnya. Aduk pelan agar ikan tidak hancur. Beri sentuhan akhir dengan menaburi bawang goreng dan irisan cabai.

  1. Ikan Mas Bakar

Bosan dengan ikan goreng? Mengolah ikan mas dengan cara dibakar bisa jadi pilihan yang bijak. Tidak sulit, karena Anda hanya perlu membersihkan ikannya dan lumuri dengan jeruk nipis, garam, dan merica bubuk. Lalu, diamkan setengah jam.

Sembari menunggu, sekarang bikin bumbunya dengan menghaluskan cabai, bawang putih, ketumbar, kunyit dan jahe. Kemudian, tumis bumbu halusnya hingga harum sambil memasukkan kecap, margarin, dan asam jawa.

Setelah itu, ambil ikan yang sedang didiamkan tadi dan bakar ikannya hingga setengah matang. Angkat, dan oles ikannya dengan bumbu tadi. Terakhir, bakar lagi ikan yang sudah diolesi bumbu hingga matang.

  1. Arsik Ikan Mas

Kalau makanan satu ini punya citarasa khas Batak. Mirip seperti ikan mas bumbu kuning, tapi arsik ikan mas lebih kaya akan rasa karena menggunakan rempah yang lebih banyak. Untuk masak arsik ikan mas bisa dimulai dengan membersihkan ikan.

Setelah bersih, susun semua ikan yang mau dimasak di atas panci. Kemudian, siapkan bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, dan kunyit) dan campur dengan lengkuas, kacang panjang, lokio, serai, hingga daun salam. Semuanya dimasukkan ke dalam perut ikan yang sudah bersih tadi.

Lalu, sisa bumbunya bisa diletakkan di bagian atas ikan. Berikutnya, tuang air sedikit demi sedikit ke dalam panci, dan masak ikan dalam panci itu dengan api kecil-sedang. Tunggu sampai air menyusut dan bumbu mengental, baru bisa sajikan di atas piring.

  1. Ikan Mas Kuah Kemangi

Last but not least, menu terakhir ini punya citarasa yang lebih segar. Cara membuatnya simpel, pertama pastikan dulu ikannya sudah bersih. Lalu, tumis bumbu halus sampai wangi sembari memasukkan lengkuas, daun jeruk, sereh, dan salam.

Jika sudah, lanjutkan dengan menuangkan air ke dalam bumbu tadi hingga mendidih. Setelah itu, masukkan ikan masnya sambil beri garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk perlahan jangan sampai ikannya hancur. Terakhir, beri daun kemangi setelah ikannya matang.

Selesai sudah lima resep yang kami rekomendasikan untuk Anda. Resep-resep di atas tadi memang sangat kaya akan citarasa Indonesia. Selain mengolahnya gampang, bumbu dan bahan yang dibutuhkan pun mudah dijumpai di pasar atau di e-commerce. Jadi, mau masak apa hari ini?


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini