|



Cek Keberhasilan Program KWT, Wabup Subandrio Apresiasi KWT MMS

 




Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Setelah menyalurkan bantuan hibah untuk kelompok wanita tani (KWT) beberapa waktu lalu, pada Jumat (9/9) 2022, wakil bupati Subandrio SH.MH didampingi kepala dinas Tanaman Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan kabupaten Sekadau Drs.Sande melakukan panen perdana jagung manis di areal kelompok wanita tani (KWT) Mulia Mekar Sari yang berlokasi di jalan merdeka Barat desa Sungai Ringin kecamatan Sekadau Hilir.

KWT yang beranggota 15 orang tersebut memulai usaha dengan bercocok tanam sayuran dan jagung manis.

Sebelum memulai usaha, kelompok wanita tani (KWT);tersebut telah mendapat bantuan modal dari pemerintah kabupaten  Sekadau sebesar Rp.10 juta rupiah.

Wabup Subandrio mengatakan pemeritah daerah dalam hal ini senantiasa tetap membantu, karena ini merupakan program ungulan kita. Sebab, 82 persen masyarakat di Sekadau adalah petani, hanya 18 persen yang berpropesi lain seperti pegawai negeri ataupun pedagang kata Suban (sapaan akrab Wabup Subandrio SH.MH).

Maka lanjut dia, angka stunting di wilayah kabupaten Sekadau masih cukup tinggi karena masyarakat kita tidak punya uang untuk membeli makanan yang bergizi." Mudah - mudahan melalui program ini masyarakat kita bisa lebih sejahtera dan angka stunting bisa menurun ujar wabup.

Di Sekadau lanjut Subandrio, kebutuhan pasar akan hasil pertanian sangat besar. Kita lihat saja di pasaran hampir semua jenis sayuran yang ada merupakan pasokan dari luar kabupaten Sekadau sedikit sekali hasil produksi kita padahal lahan kita luas. Oleh sebab itu, Pemkab tetap mendorong para KWT untuk memanfaatkan lahan kosong. Meski bantuannya kecil tapi somoga tetap berhasil kata wabup. 

Selain sayur mayur, ikan juga kita masih datang dari luar. Sama juga seperti jagung. Padahal jagung juga sangat menjanjikan karena pabrik pakan ternak yang ada di.kalbar masih kekurangan bahan baku jagung pungkas wabup.

Penulis.  Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini