|



Antisipasi Banjir, Ini Yang Dilakukan Polres Kapuas Hulu


 Kapuas Hulu,Kapuasrayatoday.com  - Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah Kabupaten Kapuas Hulu berpotensi banjir dan tanah longsor (Batingsor).

Untuk mengetahui titik banjir dan tanah longsir, Polres Kapuas Hulu telah melakukan langkah - langkah penanganan terhadap potensi bencana banjir di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Hal ini disampaikan Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar melalui Kabag Ops AKP Edhi Trisno Tarigan, S.H., pada hari Kamis (27/10/2022).

Dikatakan AKP Edhi Trisno Tarigan, saat ini anggota di lapangan secara berkala melakukan pengecekan kenaikan Debet air di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS).

"Anggota kita memberikan himbaunan kepada masyarakat yang tinggal di Daerah Aliran Sungai untuk selalu siaga apabila air naik. Dan Babinkamtibmas secara Langsung setiap saat berkordinasi dan berkolaborasi dengan Aparat Desa dan TNI, melakukan himbauan - himbauan kepada masurakat," terang AKP Edhi.

Selain itu kata AKP Edhi, sebagai langkah antisipasi dini, anggota di lapangan telah melakukan mapping atau pemetaan terhadap wilayah - wilayah banjir.

"Disamping itu kita mapping untuk wilayah atau tempat daratan tinggi, bilamana terjadi banjir, guna menempatkan kendaraan dan barang-barang masyrakat agar tidak terendam, dan antisipasi apa bila adanya masyarakat yang memerlukan tempat kumpul di dataran tinggi," tambahnya.

Lebih lanjut AKP Edhi menyampaikan, pihaknya telah memfloating sejak dini, personil Polres Kapuas Hulu, terdiri dari 6 pleton, dan siap di gerakan kapan saja apa bila dibutuhkan untuk membantu masyarakat yang tempatnya terkena banjir.

"Kita juga telah menyiapkan Sarpras untuk melakukan bantuan kepada masyarakat apabila membutuhkan sebagai sarana Evakuasi," ujar Edhi

Disampaikan AKP Edhi lagi bahwa, untuk sarana dan prasarana di Polres Kapuas Hulu telah disiapkan 4 unit truk, Kapal Pol Air sebanyak 3 unit, Kapal Bhabinkamtibmas sebanyak 3 unit dan telah di lakukan koordinasi dengan BPBD, dan TNI, yang juga telah menyiapakan Sarpras.

Dari pemetaan sementara di lapangan, sambung Edhi, wilayah yang saat ini banjir diantaranya DAS di Kecamatan Bika, Embaloh Hilir, Kecamatan Semitau, Selimbau dan Kecamatan Silat Hilir.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada Para Babinkamtibmas, agar terus meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan Kades dan juga Babinsa, melalui Vidio pendek di masukan ke Sosial Media, agar masyarakat mengetahui perkembangan banjir di wilayah masing - masing.

"Saat ini juga Sat Pol Air Polres Kapuas Hulu juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang berada di Daerah Aliran sungai," pungkasnya.(hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini