|



Istri Konsultan RFE/RL yang Dipenjara Ditahan Di Belarusia

Darya Losik (Foto:VOA)

Kapuasrayatoday.com - Istri dari Ihar Losik, konsultan media Radio Free Europe/Radio Liberty (RFE/RL) yang tengah dipenjara, telah ditahan setelah polisi menggeledah apartemennya di Kota Baranavichy, di bagian barat Belarusia.

Orang tua Darya Losik mengatakan kepada RFE/RL bahwa polisi menggeledah rumah putri mereka pada pagi hari tanggal 18 Oktober, membangunkan Darya dan putrinya yang berusia 4 tahun, Paulina.

Menurut orang tuanya, Darya Losik kemudian diberitahu bahwa ia akan ditahan selama 72 jam sampai larangan praperadilannya diputuskan untuk "kasus pidana yang tidak disebutkan."

Orang tua Darya mengatakan Polisi kemudian membawa putrinya ke ibu kota daerah tersebut, Brest, dan menambahkan bahwa cucu perempuan mereka saat ini tinggal bersama mereka.

Sementara itu, saluran Telegram BGM, yang didirikan oleh suami Darya Losik, melaporkan dengan mengutip sejumlah saluran Telegram lain yang dekat dengan pemerintah pada 18 Oktober bahwa Darya Losik menghadapi tuduhan atas wawancaranya dengan stasiun televisi Belsat yang berbasis di Polandia. Otoritas Belarusia telah menutup dan memberi label ekstremis kepada Belsat pada Juli tahun lalu.Amerika Serikat telah menyerukan pembebasan segera Darya Losik tanpa syarat, kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS pada sebuah jumpa pers.

Presiden RFE/RL Jamie Fly juga menuntut pembebasan segera Darya Losik dan mengutuk penahanan tersebut.(VOA)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini