|



36 Ribu Bibit Sawit Program IP3K Sekadau Siap Didistribusi Kepada Kelompok Tani

 Aron : Kepada Camat dan Kades Supaya di Monitor



Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Pemerintah kabupaten Sekadau melalui program unggulan IP3K, pada Senin (14/11) 2022 melakukan pemyerahan secara simbolis bantuan bibit kelapa sawit program IP3K.

Penyerahan secara simbolis dilakukan di lokasi pembibitan CV.Takasima yang berlokasi di desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir.



Perwakilan kelompok penerima bantuan Markus U mengucapkan terimakasih kepada pemkab Sekadau melalui program IP3K, berharap selain bantuan bibit, pupuk dan herbisida juga dapat kiranya dibantu.

Kedis DKP3  Drs.Sande M.Si bantuan bibit sawit unggul yang dinserahkan hari ini merupakan implementasi dari program unggulan pemkab Sekadau yaitu IP3K kata Sande. 

36 kelompok tani pemerima bantuan telah melalui proses perifikasi dan salah satunya adalah kelompok tani sudah Simultan, lahannya tidak masuk kawasan hutan kata Sande.

Benih yang disalurkan lanjut Sande, sudah melalui proses sertifikasi dari lembaga yang berkompeten.



Kelompok tani pemerima batuan diharapkan menganbil benih secara swadaya dan langsung di tanam sesuai dengan tata cara bertani kelapa sawit yang baik atau biasa du sebut Good Aglicurture Practisce (GAP) tambah Sande.

Ditempat yang sama, bupati Sekadau Aron SH dalam arahannya menyebutkan untuk mensejahterakan masyarakat, pemkab Sekadau melalui program unggulan IP3K, salah satunya adalah dengan menyalurkan bantuan benih unggul kelapa sawit.

Bantuan ini dapat terlaksana berkat dukungan dari DPRD serta semua pihak  kata Aron. 

Aron menambahkan kelembagaan kelompok tani yang menerima bantuan ini sudah melalui beberapa seperti sudah masuk Simultan, lahannya tidak dalam kawasan hutan atau HGU peeusahaan.

Selain itu, bantuan ini sifatnya cuma - cuma dan kewajiban penagkar dalam memdistibusi bibit samoai di kota kecamatan masing - masing. Sedangkan untuk bisa sampai ke lokasi itu swadaya kelompok tambah Aron.

Aron berharap kepada kelompok yang menerima bantuan ini agar bibitnya ditanam sesuai dengan tata cara berkebun sawit yang baik. "Kepada anggota kelompok yang menerima bantuan ini supaya bibitnya di tanam dengan benar, di rawat serta di pupuk.

Kepada camat, dan kades saya minta supaya bantuan ini dimonior jangan sampai tidak ditanam pesan Aron.

Hadir pada kegiatan tersebut anggota DPRD Yodi Setiawan, Ab.Ramli, perwakilan dari Dandim 1204 Sanggau Sekadau, perwakilan dari Polres Sekadau, para Camat, 13 kades yang warganya menerima bantuan serta para ketua kelompok tani penerima bantuan.

Penulis.  Sudarno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini