|



Pentas Seni dan Pameran Hasil Kreativitas Siswa SDN 09 Sanggau Sangat Meriah

Foto: Kegiatan Pentas Seni SDN 09 Sanggau Tahun 2022 Sangat Meriah

Sanggau.kapusrayatodsy.com-
Pentas Seni (Pensi) akhir tahun 2022 yang diadakan SDN 09 Sanggau pada akhir November  ini mengambil tema
"Dengan Pentas Seni, Kita Tingkatkan Apresiasi Seni dan Kreativitas Peserta Didik Menuju Kurikulum Merdeka Belajar. Selasa (29/11/2022)

Turut menghadiri Dinas pendidikan dan kebudayaan Sanggau Edi Kusmadianto, Pengawas Sekolah Jamian, Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Sanggau Irsam Zaki, Babinsa Beringin Samsul, Komunitas Guru Belajar (KGB) Anisa Fitri, Komite Dedy Ardiansyah, SDN 22 Penyeladi Titis Kartikawati, SDN 46 Mahmiyati, Babinsa Kapuas Helidarsono dan Orang tua Siswa.

Kepala Sekolah H. Yasan. R. Mengatakan Seluruh siswa tampil di panggung untuk menampilkan kreasi seni, tari, paduan suara, akting, drama, sendratari, hingga pertunjukan kolosal. dengan diiringi multimedia sebagai animasi digital, Suasana Pensi tahun ini makin meriah. 

Salah satu Guru SDN 09 Mesakh Seo kegiatan ini beserta selaku Panitia Pentas Seni Sekolah  menyaksikan kegiatan ini dari awal hingga pentas terakhir usai. Sambutan meriah dari penonton terdengar di sela-sela pentas siswa ini. Tuturnya

Kegiatan pensi menjadi ajang untuk meyalurkan bakat dan minat siswa di bidang seni. Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang untuk mengenalkan secara langsung dengan cara melakukannya, seperti menarikan lagu dan tari daerah dari seluruh penjuru Nusantara. Tujuan akhirnya siswa menjadi tahu dan juga menghargai kekayaan seni dan budaya yang dimiliki Indonesia.

SDN 09 merupakan sekolah yang humanis dan ramah anak dengan menerapkan Smart Kurikulum (Kurikulum yang mencerdaskan) yang merupakan kurikulum Nasional yang diperkaya dengan program dan kegiatan unggulan yang mencakup Science, Entrepreneurship, Liberal Arts, dan Sustainable Eco Development.

Pamong salah satu program dimana guru memberikan pendampingan dan juga pembinaan kepada siswa yang bermanfaat bagi kematangan pribadi mereka. Dalam program tersebut seorang guru bertanggung jawab menjadi wakil orang tua bagi 10 (sepuluh) siswa. 

Diharapkan dengan program tersebut perkembangan siswa dibidang akademik ataupun non-akademik secara individu/ personal dapat terpantau, terarah dan terbina agar menjadi pribadi yang unggul.

Beliau mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi anak yang selama ini belum terekpos dan belum berapresiasi. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah ikut melaksanakan kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan juga kepada wali kelas serta wali murid yang telah mendukung kegiatan ini. Ucap Kepsek H. Yasan

Disamping itu, kegiatan ini dalam rangka membangkitkan kreativitas dan inovasi siswa dalam seni dan berwirausaha sejak dini, maka SDN 09 Sanggau  bermaksud untuk ikut memberikan sajian dalam kegiatan pentas seni ini.

Kegiatan pentas seni yaitu berupa pertunjukan seni tari, seni literasi, seni musik dan juga berwirausaha yang dipentaskan oleh siswa dan siswi dari masing-masing kelas.

“Kegiatan pentas seni ini merupakan suatu apresiasi siswa dalam seni untuk ikut serta melestarikan seni dan budaya nusantara yang sudah mulai luntur. Kegiatan Pentas Seni  merupakan kepanjangan dari Gaung Aksi Nasional Budaya, Edukasi, Spiritual, Hebat, Amanah,“ lanjutnya.

Diakhir sambutannya Kepsek H Yasan mengatakan “pameran hasil kreasi siswa, ditampilkan dari anak-anak kelas 1 sampai kelas 6 dan untuk setiap tingkatan kelas diberi satu stand tempat untuk menampilkan hasil karya anak,” pungkasnya ( Cep)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini