|



Kapolres Kapuas Hulu Serahkan DIPA T.A 2023 Dan Tanda Tangani Fakta Integritas

 


Kapuas Hulu, Kapuasrayatoday.com - Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar mengadakan Sosialisasi dan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2023 serta penandatanganan fakta Integritas sub satker jajaran Polres Kapuas Hulu, di aula Mapolres Kapuas Hulu, Senin (12/12/2022).

Sosialisasi dan penyerahan DIPA T.A 2023 serta penandatanganan fakta Integritas dibuka oleh Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, S.I.K., dengan dihadiri Pejabat Utama Polres Kapuas Hulu dan Kapolsek jajaran serta Kaur Mintu dan Kasium Polsek jajaran Polres Kapuas Hulu.

Acara diawali dengan pembacaan do'a dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kapolres Kapuas Hulu. 

Dalam sambutannya, Kapolres Kapuas Hulu AKBP France Yohanes Siregar, S.I.K., bahwa dalam pelaksanaan sosialisasi ini adalah bentuk transparansi Polres Kapuas Hulu terhadap anggaran yang diterima di tahun 2023.

"Tahun Anggaran 2023 Polres Kapuas Hulu melaksanakan 4 Program dan 35 kegiatan dengan pagu DIPA Polres Kapuas Hulu sebesar Rp. 65.103.850.000,- (Enam Puluh Lima Milyar Seratus Tiga Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Jika dibandingkan per jenis belanja Polres Kapuas Hulu mengalami penurunan dan kenaikan yaitu pada jenis belanja barang dari pagu tahun 2022 sebesar Rp 18.460.164.000,- (Delapan Belas Milyar Empat Ratus Enam Puluh Juta Seratus Enam Puluh Empat Ribu Rupiah) dan tahun 2023 pagu sebesar Rp 16.866.455.000,- (Enam Belas Milyar Delapan Ratus Enam Puluh Enam Juta Empat Ratus Lima Puluh Lima Ribu Rupiah) mengalami penurunan sebesar Rp 1.593.709.000,- (Satu Milyar Lima Ratus Sembilan Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Sembilan Juta Rupiah) atau sebesar -8,63%," kata Kapolres.



Selanjutnya, Kapolres menyampaikan bahwa pada jenis belanja modal mengalami kenaikan sebesar Rp 1.765.162.000,- (Satu Milyar Tujuh Ratus Enam Puluh Lima Juta Seratus Enam Puluh Dua Ribu Rupiah) atau + 100% sedangkan pada jenis belanja pegawai tidak mengalami kenaikan atau penurunan dengan pagu sebesar Rp 46.472.233.000,- (Empat Puluh Enam Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Dua Juta Dua Ratus Tiga Puluh Tiga Ribu Rupiah).

"Anggaran yang diterima ini digunakan untuk mendukung kegiatan pembinaan dan operasional Polres Kapuas Hulu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing subsatker jajaran Polres Kapuas Hulu, baik dalam pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum maupun dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat," kata Kapolres.

Ditegaskan oleh Kapolres Kapuas Hulu, agar para Kasubsatker jajaran Polres Kapuas Hulu dalam penggunaan anggaran DIPA/alokasi pagu harus bisa mempertanggung jawabkannya sesuai program dan kegiatan dalam DIPA / RKA-KL, awasi penggunaan DIPA / RKA-KL pagu di subsatker masing-masing untuk mencegah terjadinya penggunaan anggaran yang kurang efisien sehingga outcome tidak dirasakan oleh masyarakat bahkan penyalahgunaan penggunaan anggaran yang dapat mengakibatkan kerugian negara.

Selanjutnya, Kapolres menyampaikan bahwa dalam rangka transparansi penggunaan anggaran, agar seluruh Kasubsatker jajaran Polres Kapuas Hulu mensosialisasikan DIPA/alokasi — anggaran kepada seluruh personelnya dan setiap bulannya agar dilaksanaan anev oleh Kasubsatker.

"Diharapkan seluruh personel Polres Kapuas Hulu mengetahui seluruh program, kegiatan dan anggaran yang akan dipergunakan pada tahun anggaran 2023 serta anggota sebagai pelaksana kegiatan mengetahui apa dan kapan kegiatan itu dilaksanakan demi menghasilkan output yang dapat dirasakan masyarakat maupun instansi Polri," ucap Kapolres.

"Harapannya di tahun 2023 harus lebih meningkatkan kinerja anggaran kita dalam mendukung penilaian kinerja anggaran Polri agar dapat mempertahankan predikat WTP (wajar tanpa pengecualian)," tutur Kapolres Kapuas Hulu.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Fakta Integritas dan penyerahan DIPA Subsatker jajaran Polres Kapuas Hulu tahun anggaran 2023 secara simbolis oleh Kapolres Kapuas Hulu, Paparan sosialisasi DIPA T.A 2023 oleh Kabag Ren Polres Kapuas Hulu, AKP Slamet Riadi, Menyanyikan lagu Bagimu Negeri kemudian ditutup dengan Foto bersama.(js/hms)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini