|



Subandrio, TBBR Harus Jadi Garda Terdepan Kaum Dayak

 


Sekadau,Kapuasrayatoday.com - 

Wakil Bupati Sekadau Subandrio, SH.MH membuka secara resmi kegiatan Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) ke II Dewan Pimpinan Daerah (DPD)Tariu Borneo Bengkule Rakjng (TBRR) kabupaten Sekadau, Minggu (05/03/2023) di Betang Youth Center Sekadau.

Dalam arahannya Wabup mengatakan, bahwa pemerintah daerah menyambut baik apa yang dilakukan oleh TBBR selama ini, karena menurut tugasnya TBBR bisa membantu pemerintah untuk melestarikan adat istiadat dan cagar budaya yang mengandung nilai budaya.

Pemkab Sekadau kata dia selalu mendorong TBBR untuk mendata cagar budaya yang bernilai sejarah peninggalan para tokoh Dayak dahulu kala.

Selain itu Wabup berharap agar TBBR  bisa mengedukasi masyarakat Dayak untuk mulai berpikir maju, terutama terkait lahan tidur yang selama ini tidak di olah, sehingga banyak lahan namun tidak bisa menghasilkan uang. Pola pikir ini harus di ubah, agar sekecil apapun lahan hendaknya bisa menjadi penghasilan masyarakat.harap Wabup.

Maka dari itu TBBR harus menjadi Garda terdepan bagi masyarakat Dayak, sebab TBBR adalah ciri khas suku Dayak yang sebenarnya.

"Saya minta TBBR harus menjadi Garda terdepan bagi masyarakat Dayak di kabupaten Sekadau," ujar Wabup.

Namun sambung dia, TBBR dalam melakukan kegiatan agar selalu bekerjasama dengan pemerintah daerah, terutama dalam segi keamanan dan hal-hal lain, apalagi menjelang pemilu serentak tahun 2024, dimana pada saat itu biasanya akan muncul gesekan antar sesama suku Dayak.

Maka disitulah peran TBBR untuk menunjukkan indentitas diri sebagai organisasi suku Dayak yang berdiri ditengah.

Pada kegiatan Rapimcab kali ini, hendaknya bisa dijadikan sarana untuk merefleksikan diri dalam rangka mengevaluasi kinerja tahun lalu, meskipun TBBR baru berdiri tahun 2019, namun kontribusi yang diberikan oleh TBBR kepada pemerintah daerah sudah sangat banyak.

"Saya berharap agar pada kegiatan Rapimcab ke II kali ini hendaknya bisa dijadikan tempat untuk merefleksikan diri guna mengevaluasi kinerja tahun-tahun sebelumnya," kata Wabup.

Sementara itu, Sekundus ketua DPD TBBR/Mangku kabupaten Sekadau dalam sambutannya meminta agar pihak kepolisian selalu membangun komunikasi dengan TBBR jika terjadi hal-hal menganggu keamanan di kabupaten Sekadau.

"Kita minta agar pihak kepolisian jika terjadi hal-hal yang dapat menganggu keamanan, bisa kordinasi dengan kami,"pinta Sekundus (darno).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini